Teten Sebut ASEAN Incaran Praktik Cross Border

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Teten Sebut ASEAN Incaran Praktik Cross Border. Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyebut negara kawasan ASEAN merupakan incaran produk-produk global alias pasar perdagangan lintas batas atau cross border. Pasalnya, ASEAN memiliki populasi yang diprediksi mencapai 679 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonomi ditaksir mencapai 4,6%.

Teten mengatakan, ASEAN juga menjadi incaran karena nilai produk domestik bruto yang mencapai US$3,36 triliun dan kontribusi ekspor ASEAN terhadap dunia mencapai 8,39% dari total ekspor dunia dengan nilai US$2,05 triliun.

Untuk itu, kata Teten, pertumbuhan UMKM harus diperhatikan agar tidak tergerus oleh perdagangan ilegal lintas batas negara.

“Saya ingin menyoroti pentingnya untuk memastikan kemampuan UMKM kita tumbuh dengan menjaga perbatasan kita dari perdagangan ilegal lintas batas negara yang mengakibatkan terjadinya predatory pricing,” ucap Teten dalam keterangan resminya, seperti dikutip Rabu (27/9/2023).

Beberapa waktu terakhir, transaksi cross border menjadi sorotan karena semakin marak di media sosial (medsos) yang sekaligus berperan sebagai platform e-commerce.

Praktik itu dituding jadi salah satu biang kerok yang menggerus pertumbuhan UMKM di dalam negeri.

Hingga kemudian pemerintah memutuskan melarang praktik tersebut dengan menetapkan regulasi yang melarang medsos sekaligus e-commerce alias social-commerce (s-commerce).

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *