RI Diserang Hacker, Menkominfo Pastikan Pemerintah Tangung Jawab

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – RI Diserang Hacker, Menkominfo Pastikan Pemerintah Tangung Jawab. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memastikan pemerintah akan bertanggung jawab atas lumpuhnya Pusat Dana Nasional Sementara akibat serangan hacker.

“Kita beresin. Tunggu saja waktunya,” kata Budi Arie, Kamis (27/6/2024). “Itu tanggung jawab kita lah untuk segera memulihkan.”

Dia menegaskan sampai saat ini pemerintah belum menemukan indikasi ada kebocoran data setelah data di PDN Sementara di Surabaya disandera oleh penjahat online.

“Pokoknya intinya bahwa semoga tidak ada kebocoran data, isu kebocoran data tuh belum sampai. Sampai sekarang belum teridentifikasi ada bukti, enggak ada pembocoran ya,” ujar Menkominfo.

Sebelumnya, Menkominfo dan Kepala BSSN memaparkan peristiwa serangan atas PDN Sementara di Surabaya dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI.

Dalam rapat tersebut, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan menjelaskan bahwa sampai saat ini proses investigasi tidak menemukan indikasi kebocoran data.

Ia menjelaskan bahwa pelaku serangan siber mengunci akses ke data yang tersimpan di PDN Surabaya menggunakan ransomware, yaitu program yang didesain untuk mengenkripsi data. Namun, sejak hacker mengakses data, tidak ada aliran data keluar PDN Surabaya.

Sambungan PDN Surabaya ke luar, jelasnya, langsung diputus begitu ada indikasi kehadiran hacker.

“Serangan ransomware, kita langsung mutilasi,” jelas Semuel. “Yang tadi kebocoran, belum ada indikasi, karena semua terkunci. Kami tidak lihat ada transfer data keluar.”

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *