Ramai Pemimpin Dunia Respons Prabowo Resmi Presiden

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Ramai Pemimpin Dunia Respons Prabowo Resmi Presiden. Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Presiden RI 2024-2029. Ia dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu.

Sejumlah pemimpin dunia ikut merespon hal ini. Berikut dihimpun oleh CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Senin (21/10/2024).

China

Presiden China Xi Jinping memberi selamat ke Prabowo. Ia mengatakan akan mempertahankan “komunikasi strategis yang erat dengan mitra barunya dari Indonesia” Prabowo.

“China dan Indonesia secara tradisional merupakan tetangga yang bersahabat, dan kemitraan strategis komprehensif kedua negara terus membaik dan telah memasuki tahap baru dalam membangun masa depan bersama,” kata Xi, Minggu.

Presiden Ferdinand Marcos Jr. menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo. Marcos mengatakan pemerintah Filipina berharap dapat mempererat hubungan bilateral antara Filipina dan Indonesia, dengan menyebut Indonesia sebagai tetangga dekat dan mitra negara tersebut di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

“Ucapan selamat yang paling hangat kepada Menteri Pertahanan @prabowo atas keunggulannya yang luar biasa dalam penghitungan elektoral terakhir untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya,” kata Presiden Marcos di akun resminya X, seperti dilaporkan Manila Standard.

Singapura

Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong juga mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Prabowo atas pelantikannya dan mandat yang kuat. Ini diampaikannya Minggu sebagaimana dikutip media Singapura, Channel New Asia (CNA).

“Mandat kuat yang Anda terima dari rakyat Indonesia mencerminkan kepercayaan mereka pada kepemimpinan dan visi Anda untuk negara yang damai dan sejahtera,” kata Wong dalam surat ucapan selamat kepada Prabowo.

“Sebagai sahabat dan tetangga, Singapura siap menjadi mitra Indonesia, baik secara bilateral maupun regional,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam surat ucapan selamatnya, Wong juga berharap dapat memperluas kolaborasi antara Singapura dan Indonesia. Ia menyebut ada potensi yang signifikan bagi Singapura dan Indonesia untuk bekerja sama di banyak bidang lain, dan mencari hasil yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Malaysia

Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim mengucapkan selamat kepada Prabowo atas pengangkatannya sebagai Presiden Indonesia yang baru pada hari Minggu. Hal ini ditegaskannya sebagaimana dimuat laman lokal, Bernama.

“Saya mewakili Pemerintah Malaysia menyampaikan ucapan selamat dan harapan baik saya saat sahabat lama saya, Prabowo, memulai tugasnya,” kata Anwar.

Hal sama juga dikatakan Raja dan Ratu Malaysia, Yang Mulia Sultan Ibrahim dan Yang Mulia Raja Zarith Sofiah. Merekamenyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo atas pelantikannya pada hari Minggu sebagai Presiden Indonesia kedelapan.

Ucapan selamat dibagikan melalui poster khusus yang menampilkan foto Sultan Ibrahim dan Prabowo berjabat tangan. Poster itu diunggah di halaman Facebook Sultan Ibrahim Sultan Iskandar.

Arab Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud telah mengirim ucapan selamat kepada Prabowo. Dalam pesannya, yang dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Penjaga Dua Masjid Suci tersebut menyampaikan doa agar Prabowo selalu sukses dan rakyat Indonesia yang ramah semakin maju dan sejahtera.

Ia juga memuji hubungan yang baik antara kedua negara dan masyarakat yang bersahabat. Semuanya berupaya untuk diperkuat dan dikembangkan di segala bidang.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengirimkan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan umum. Hal ini disampaikan menurut teks telegram ucapan selamat yang dipublikasikan di situs web Kremlin.

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden. Hubungan Indonesia-Rusia didasarkan pada tradisi persahabatan dan rasa saling menghormati yang baik dan berhasil berkembang di berbagai bidang,” bunyi pesan ucapan selamat Putin, seperti dilaporkan TASS.

Putin menyatakan keyakinannya bahwa aktivitas Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh rangkaian kerja sama Rusia-Indonesia untuk kepentingan warga kedua negara, serta demi kepentingan penguatan keamanan dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

“Saya mengandalkan dialog yang konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu topikal dalam agenda bilateral dan internasional,” pungkas Putin, sembari mendoakan keberhasilan, kesehatan, dan kesejahteraan presiden terpilih Indonesia.

Amerika Serikat (AS)

Presiden Joe Biden mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Prabowo atas pelantikannya. Biden juga mengatakan tahun ini, Indonesia dan Amerika Serikat merayakan 75 tahun hubungan diplomatik.

“Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia, dan kepada rakyat Indonesia atas hak pilihnya dan suara yang telah mereka sampaikan,” kata Biden seperti dilaporkan Gedung Putih.

“Wakil Presiden Harris dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Prabowo untuk menghormati tonggak sejarah ini dengan terus memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif kita dan menunjukkan bahwa demokrasi dapat mengatasi tantangan yang paling penting bagi kehidupan rakyat kita,” jelasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *