Permintaan Lemah Hingga Masalah Makro Bikin Kripto Terkapar

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Permintaan Lemah Hingga Masalah Makro Bikin Kripto Terkapar. Pasar kripto tendensi mengalami pelemahan pada hari ini, Rabu (21/8/2024) di tengah permintaan yang cukup lemah seperti kelebihan pasokan, masalah makroekonomi, dan banyak faktor lainnya.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Rabu (21/8/2024) pukul 06:54 WIB, pasar kripto bergerak mix dengan kecenderungan melemah. Bitcoin turun 0,79% ke US$59.070,22 dan secara mingguan berada di zona merah 2,79%.

Ethereum melemah 2,41% dalam 24 jam terakhir dan dalam sepekan terdepresiasi 4,71%.

BNB mengalami apresiasi 2,17% secara harian dan dalam sepekan mengalami kenaikan 9,56%.

Sementara Dogecoin merangkak naik 1,77% dalam 24 jam terakhir sedangkan dalam tujuh hari terakhir terpuruk 2,99%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun 0,46% ke angka 2.211,1 Open interest terapresiasi 0,19% di angka US$53,71 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 46 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase netral dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dikutip dari Cointurk News, terdapat beberapa alasan mengapa pasar kripto masih cukup sulit untuk bersinar dalam waktu dekat, seperti kelebihan pasokan, masalah makroekonomi, dan banyak faktor lainnya. Sementara harga emas global mencapai level tertingginya bersamaan dengan pasar saham, sulit untuk menjelaskan mengapa harga BTC melemah. Ini adalah pertanyaan dan masalah, tetapi juga ada jawabannya. Laporan pasar terbaru dari firma analisis data CryptoQuant memberikan jawaban ini.

CEO perusahaan, Ki Young, sering membahas sentimen bullish jangka panjang dan potensi volatilitas jangka pendek. Namun, kelemahan berkepanjangan ini disebabkan oleh kurangnya permintaan BTC.

Menurut analisis, permintaan yang terlihat dihitung dari selisih antara subsidi blok Bitcoin harian dan perubahan harian jumlah Bitcoin yang telah tidak berubah selama satu tahun atau lebih dan permintaan saat ini cenderung rendah. Dari US$70.000 pada April hingga penurunan besar pada Agustus, permintaan telah menurun.

Permintaan di saluran dana yang diperdagangkan di bursa Amerika Serikat (ETF) juga turun, menurunkan permintaan keseluruhan. Pada Maret, permintaan BTC dari saluran ETF turun dari 12.000 BTC menjadi 1.300 BTC antara 11 dan 17 Agustus.

Memang normal jika minat menurun di musim panas, tetapi banyak peristiwa negatif setelah persetujuan ETF juga telah memperburuk negativitas ini.

Namun demikian, sebagian besar ahli mengharapkan pergerakan besar pada kuartal terakhir tahun ini, khususnya pasca bank sentral AS (The Fed) benar-benar telah memangkas suku bunganya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *