Pembangunan Sekolah PAUD Dialokasikan Rp 6 Triliun

Pasang Iklan Disini

Wikimedan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada 2019. Nilainya mencapai Rp 6 triliun.

Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) tentang pembangunan desa, pembangunan sekolah PAUD secara fisik menjadi tanggung jawab Kementerian Desa. Namun untuk pembinaan berikutnya termasuk pengadaan gurunya menjadi tanggung jawab Kemendikbud. “Termasuk bantuan operasional PAUD atau BOP,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Sabtu (1/2).

Tahun ini, Kemendikbud juga menggelontorkan anggaran untuk pembangunan sekolah PAUD. Angkanya Rp 4 triliun. Kemudian pada tahun depan ditambah sebanyak Rp 2 triliun.

Muhadjir menyampaikan, ada skala prioritas bagi daerah yang akan dibangun sekolah PAUD. “Skala prioritas sasaran adalah daerah yang belum ada TK maupun PAUD-nya,” katanya.

Sementara bagi daerah yang sudah ada PAUD, memang disarankan untuk tidak dibangun lagi. Melainkan cukup dikembangkan apa yang sudah ada. Kemendikbud mempunyai target bisa membangun sebanyak 40 ribu sekolah PAUD hingga 2019 dengan dana yang sudah dianggarkan tersebut.

(fis/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *