Nasib Astronaut Tak Jelas Kapan Bisa Pulang Gara-Gara Boeing

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Nasib Astronaut Tak Jelas Kapan Bisa Pulang Gara-Gara Boeing. Dua astronaut NASA, Sunita Williams dan Butch Wilmore belum bisa pulang ke Bumi. Alasannya karena penyebab gangguan pesawat yang membawa keduanya, Boeing Starliner belum diketahui.

Keduanya menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan Starliner pada awal Juni lalu. Namun lima dari 28 pendorong sistem kendali reaksi mati mendadak saat akan berlabuh ke ISS.

Akhirnya empat dari lima pendorong bisa kembali menyala dan Starliner berhasil merapat. Sebelum membawa pulang dua astronaut, pejabat NASA ingin mengetahui penyebab gangguan itu terlebih dulu.

NASA juga telah melakukan pengujian pada hardware serta memastikan tidak ada kebocoran terkait helium. Manajer Program Kru Komersial NASA, Steve Stitch menjelaskan pihaknya berfokus membawa pulang Williams dan Wilmore dengan pesawat itu dengan aman.

“Kami sangat fokus membawa pulang Butch dan Suni dengan Starliner. Hampir mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan untuk meyakini bisa pulang dengan selamat,” jelasnya, dikutip dari NPR, Senin (29/7/2024).

Tim NASA juga berencana untuk menyalakan pendorong agar bisa mendapatkan lebih banyak data. Pertemuan untuk meninjau undocking mungkin baru akan terlaksana beberapa hari lagi.

Salah satu temuannya adalah cara penembakan pendorong yang menyebabkan dua seger internal menurun secara berbeda. Semua hal yang dilakukan, termasuk temuan-temuan hasil pengujian, juga disiapkan untuk dilaporkan pada NASA pekan ini.

Pihak NASA juga telah mengantongi rencana kedua jika keduanya tetap tak bisa pulang dengan Starliner. Mereka akan terbang dengan kapsul SpaceX.

Namun rencana itu nampaknya masih jauh terlaksana. Sebab Starliner masih bisa bertahan setidaknya hingga September, batas daya tahan baterainya.

“Kami mempelajari data secara metodis, dan akan pulang saat kami siap,” kata Stich.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *