Mantan CEO Bilang WFH Kesalahan Besar Google

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Mantan CEO Bilang WFH Kesalahan Besar Google. Mantan CEO Google Eric Schmidt mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversial. Ia mengatakan kebijakan bekerja dari rumah(work from home/wfh) membuat Google kalah saing dalam perlombaan kecerdasan buatan (AI)

Pernyataan tersebut ia ucap saat memberikan kuliah umum di Universitas Standford pada April lalu, kemudian videonya baru viral setelah diunggah di saluran YouTube Stanford beberapa waktu yang lalu.

“Google memutuskan bahwa keseimbangan kehidupan kerja dan pulang lebih awal serta bekerja dari rumah lebih penting daripada ‘menang’,” kata Schmidt kepada mahasiswa Stanford, dikutip dari Business Insider, Selasa (20/8/2024). “Dan alasan perusahaan rintisan berhasil adalah karena orang-orangnya bekerja keras. Maaf saya terlalu blak-blakan.”

“Namun faktanya adalah, jika Anda semua meninggalkan universitas dan mendirikan perusahaan, Anda tidak akan mengizinkan orang bekerja dari rumah dan hanya datang satu hari seminggu jika Anda ingin bersaing dengan perusahaan rintisan lainnya,” lanjut mantan CEO yang meninggalkan Google pada 2020.

Schmidt menyampaikan pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas pertanyaan dari profesor Erik Brynjolfsson tentang bagaimana Google telah kehilangan keunggulan dalam AI kepada perusahaan rintisan seperti OpenAI dan Anthropic.

“Saya menanyakan hal ini kepada [CEO Google] Sundar [Pichai], dia tidak benar-benar memberi saya jawaban yang sangat tajam. Mungkin Anda memiliki penjelasan yang lebih tajam atau lebih objektif tentang apa yang terjadi di sana,” kata Brynjolfsson mengajukan pertanyaan kepada Schmidt.

Namun ia Schmidt kini tampaknya menarik kembali klaimnya.

Seorang juru bicara Schmidt menulis pernyataan “Eric salah bicara tentang Google dan jam kerja mereka dan menyesali kesalahannya.”

Namun sebenarnya pernyataan Schmidt sama seperti yang dikatakan banyak CEO perusahaan teknologi sebelumnya tentang WFH.

CEO OpenAI Sam Altman mengatakan kepada Fortune Magazine pada tahun 2023 bahwa ia yakin salah satu “kesalahan terburuk” industri teknologi adalah membiarkan karyawan bekerja dari jarak jauh selamanya.

“Saya akan mengatakan bahwa eksperimen itu sudah berakhir, dan teknologinya belum cukup baik sehingga orang dapat bekerja sepenuhnya jarak jauh selamanya, terutama pada perusahaan rintisan,” katanya kepada majalah tersebut.

CEO Salesforce Marc Benioff, juga menyatakan keyakinannya bahwa beberapa karyawan perlu berada di kantor.

“Mereka perlu memadukan kerja langsung dan jarak jauh,” kata Benioff. “Teknisi kami sangat produktif di rumah. Kami memiliki banyak orang yang sangat produktif di rumah. Namun, harus ada juga tenaga penjualan yang produktif di kantor.”

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan bahwa orang yang bekerja dari rumah tidak efisien dan teknisi yang datang ke kantor menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Tak ketinggalan CEO Tesla Elon Musk, pada tahun 2023 juga pernah menyebut kerja jarak jauh “salah secara moral” dalam sebuah wawancara dengan CNBC Internasional.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *