Kunjungi Makam Raja Sisingamangaraja, Kiai Ma'ruf Dipanggil Ompung

Pasang Iklan Disini

[ad_1]











Wikimedan – Kedatangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin, di Tapanuli Utara (Taput), disambut hangat oleh warga Balige, khususnya oleh para inang-inang atau emak-emak.





Inang-inang ini dengan sabar menunggu Ma’ruf Amin yang melakukan salat jumat di mesjid Al-Hadhonah, yang letaknya di seberang Onan Balige, pasar terbesar di kota itu. Mereka ingin besalaman langsung dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.





Setelah itu, mantan Rais Aam PBNU mengajak jamaah untuk mendirikan salat ghaib khusus untuk mendoakan korban bencana alam di NTB dan Sulawesi Tengah.





Kiai Ma’ruf kemudian melanjutkan perjalanan ke Taman Makam Raja Sisingamangaraja. Sesekali teriakan ‘ompung’ ditujukan kepada Kiai Maruf.





Ompung adalah sebutan buat orang yang dituakan. Bila ada hubungan genetik, ompung berarti kakek. Namun bila tak ada hubungan genetik, ompung bermakna orang dituakan yang bijak dan harus dihormati.






Kiai Maruf dengan sabar menyalami warga yang antusias itu. Setelah sampai di mobil, Kiai Maruf melambaikan tangan dan rombongannya berangkat ke Makam Sisingamangaraja.






(jpg/aim/JPC)

[ad_2]

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *