KPK Ungkap Kaesang Naik Jet Pribadi Bareng Erina dan 2 Sosok Ini

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – KPK Ungkap Kaesang Naik Jet Pribadi Bareng Erina dan 2 Sosok Ini. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan tiga orang penumpang yang menaiki pesawat jet pribadi menuju Amerika Serikat (AS) bersama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, Selasa (17/9/2024).

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyebut bahwa tiga orang yang bertolak ke AS bersama Kaesang dengan pesawat jet pribadi adalah Erina Gudono alias istri Kaesang, Nadya Gudono alias kakak Erina, dan satu orang yang disebut sebagai staf.

“Yang bersangkutan (Kaesang) pergi [ke AS] berempat. Kaesang, istrinya (Erina), kakak istrinya, dan stafnya,” kata Pahala kepada wartawan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Lebih lanjut, Pahala merincikan bahwa jika hasil temuan pihaknya menetapkan pesawat jet pribadi yang ditumpangi Kaesang adalah milik negara maka Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengonversikan biaya perjalanan berupa uang kepada KPK, yakni sekitar Rp360 juta.

“Kalau [pesawat jet pribadi] kita tetapkan milik negara, nih, ini, kan fasilitas, ya, jadi harus dikonversi jadi uang. Nanti disetor uangnya,” jelas Pahala.

“Yang bersangkutan [Kaesang] sudah bilang kira-kira Rp90 juta, lah, satu orang, seharga tiket. Kalau kita tetapkan milik negara, ya. Jadi berempat kira-kira Rp360, lah, kalau ditetapkan milik negara,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kaesang mengaku datang ke KPK untuk mengklarifikasi terkait dugaan gratifikasi pesawat jet yang dilayangkan kepadanya. Ia mengklaim pesawat yang ia tumpangi bersama sang istri adalah milik temannya.

“Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara atau pejabat. Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri,” kata Kaesang.

“Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya pada 18 Agustus 2024 ke AS yang numpang atau bahasa bekennya nebeng, lah, nebeng pesawatnya teman saya,” sambung suami Erina Gudono itu.

Hingga saat ini, Kaesang tak menjelaskan secara rinci terkait siapa sosok pemilik private jet yang ia tumpangi bersama Erina Gudono. Ia meminta para awak media untuk mengonfirmasi lebih lanjut kepada KPK.

“Gak ada lagi, sih. Jadi, intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK,” pungkas Kaesang.

Berkaitan dengan teman Kaesang, Pahala mengungkapkan bahwa inisial ‘Y’ merupakan sosok yang diklaim ditumpangi Kaesang saat bertolak ke AS bersama Erina pada 18 Agustus 2024 lalu.

Namun, Pahala mengaku belum dapat menginformasikan secara detail terkait identitas diduga teman Kaesang yang ditumpangi untuk bertolak ke AS. Ia menyebut, KPK akan mendalami lebih lanjut, termasuk siapa pemilik pesawat jet pribadi.

“Enggak disebut detail siapa. Cuma nama gitu, ya, kita juga enggak tahu. Inisial Y,” kata Pahala kepada wartawan, Selasa (17/9/2024).

“Kita enggak tahu, nih, benar enggak nama lengkapnya. Ini siapa orangnya, WNI (Warga Negara Indonesia), WNA (Warga Negara Asing), atau apa gitu. Pesawat juga punya siapa nanti kita konfirmasi lagi,” sambungnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *