Kim Jong Un Ancam Perang Nuklir, Ini yang Bisa Dilakukan AS

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Kim Jong Un Ancam Perang Nuklir, Ini yang Bisa Dilakukan AS. Korea Utara telah meluncurkan dua uji coba rudal dalam dua hari terakhir dan Jepang yakin rudal balistik antarbenua (ICBM) milik rezim Kim Jong Un memiliki potensi untuk mencapai AS.

Pada Jumat, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan bahwa ICBM diluncurkan dari ibu kota Korea Utara, Pyongyang sekitar pukul 10:15 waktu setempat dan terbang sekitar 621 mil ke timur, mencapai ketinggian 3.790 mil.

“Rudal balistik kelas ICBM yang diluncurkan kali ini dapat memiliki jangkauan lebih dari 15.000 km [sekitar 9.321 mil] bila dihitung berdasarkan jarak penerbangan ICBM ini,” kata Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada dalam sebuah pernyataan, dikutip Newsweek, Sabtu (19/11/2022).

“Itu tergantung pada berat hulu ledak, tetapi dalam kasus itu, daratan AS akan dimasukkan dalam jangkauan,” tambah Hamada.

AS, yang menyebut uji coba rudal itu sebagai pelanggaran “kurang ajar” terhadap resolusi PBB, sedang menganalisis rincian peluncuran tersebut. Adapun, ini bukan pertama kalinya para pejabat intelijen mempersiapkan serangan untuk melintasi Samudra Pasifik.

Kembali pada tahun 2017, Menteri Pertahanan saat itu, James Mattis, mengatakan rudal lain yang diluncurkan oleh Korea Utara tahun itu menunjukkan kemampuannya untuk menyerang “di mana saja di dunia,” termasuk AS.

Namun, ada pilihan untuk mencegah serangan misil destruktif mencapai AS, dan pejabat intelijen telah bekerja untuk memperkuat sistem pertahanan seperti itu karena Korea Utara terus mengembangkan senjata jarak jauhnya.

Steve Shinkel, seorang profesor pesawat perang udara dan luar angkasa di US Naval War College, mengatakan kepada Newsweek bahwa Departemen Pertahanan memiliki 44 pencegat Berbasis Darat (GBI) yang berlokasi di California dan Alaska yang memiliki kemampuan untuk mencegat ICBM yang datang dari Korea Utara.

GBI adalah komponen rudal anti-balistik ke AS. Sistem pertahanan midcourse berbasis darat yang “dirancang untuk mencegah musuh dengan senjata nuklir dalam jumlah terbatas, seperti yang mungkin dimiliki Korea Utara,” jelas Shinkel.

Meskipun mereka tidak akan mampu mengalahkan hulu ledak yang datang dari Rusia atau China, GBI dapat mencegat ICBM Korea Utara selama fase penerbangan di tengah jalan di luar atmosfer.

Namun, Shinkel mengatakan pengembangan rudal luncur hipersonik terus menimbulkan “ancaman dan tantangan yang signifikan” karena AS belum mengembangkan pertahanan untuk teknologi senjata hipersonik yang dikejar oleh Rusia dan China. Pada 19 Maret, pejabat militer Rusia mengeklaim bahwa mereka menembakkan rudal hipersonik untuk pertama kalinya.

Tak lama setelah itu, Jenderal Glen VanHerck, komandan Komando Utara Amerika Serikat (USNORTHCOM) dan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD), mendesak Departemen Pertahanan untuk mengembangkan teknologi guna membantu mengantisipasi serangan.

“Saya tidak bisa bertahan, saya juga tidak ditugaskan untuk bertahan melawan rudal hipersonik,” kata VanHerck dalam pernyataan 24 Maret.

“Sangat penting bahwa Departemen Pertahanan mengembangkan dan menerjunkan jaringan kesadaran domain berbasis ruang angkasa terintegrasi yang mampu mendeteksi dan melacak ICBM, senjata hipersonik, dan rudal jelajah secepat mungkin,” tambahnya.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20221119100402-4-389492/kim-jong-un-ancam-perang-nuklir-ini-yang-bisa-dilakukan-as

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *