Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Menteri Sosial Gantikan Risma

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Menteri Sosial Gantikan Risma. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengangkat Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial, hari ini, Rabu (11/9/2024). Upacara pelantikan dilakukan di Istana Negara pada pukul 09.00 WIB.

Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024, yang dibacakan oleh

“Mengangkat Saudara Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-224,” demikian bunyi Keppres tersebut.

Dalam Kesempatan itu Jokowi juga melantik Kepala BNPT yang baru yakni Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT. Hal ini tertuang dalam Keppres Nomor 124/PPA tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

“mengangkat Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT terhitung sejak saat pelantikan, dan kepadanya diberikan hak keuangan administrasi dan fasilitas lainnya setingkat menteri, sesuai peraturan perundang-undangan,” katanya.

Kemudian kedua pejabat yang baru dilantik ini melakukan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Presiden Jokowi, yang dilanjut penandatanganan berita acara.

“demi allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945. serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *