Ini Tanda-Tanda Anak Bisa Jadi Orang Sukses

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Ini Tanda-Tanda Anak Bisa Jadi Orang Sukses. Sebenarnya, semua orang tua dapat membesarkan anak-anak untuk tumbuh bahagia, sehat, dan berlandaskan emosi. Meskipun memang dalam perjalanannya, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Psikolog anak dan penulis buku terlaris Shefali Tsabary menemukan bahwa saat orang tua tidak terbiasa dengan temperamen dan sifat-sifat unik anak mereka, mereka gagal untuk menghormati dan merayakan jati diri anak mereka.

“Mengetahui tipe mereka akan memperkuat hubungan antara orang tua dan anak serta membantu mereka memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik,” dikutip Sabtu (30/9/2023).

Mengutip CNBC International, berikut enam tipe anak yang paling luar biasa dan berbakat. Anak Anda mungkin lebih condong ke salah satu tipe tersebut, atau campuran dari semuanya.

1. Si Peledak yang Cemas

Si Peledak Cemas sering kali cerewet, mudah tersinggung, dan mudah terpicu oleh hal sekecil apapun. Keindahan mereka adalah bahwa mereka sangat sensitif dan mudah tersinggung. Tapi ini berarti mereka cenderung menyerap kecemasan di sekitar mereka.

Dan apa yang mereka lakukan dengan itu semua ? Mereka meledak!

Untuk mengasuh anak tipe ini, bersikaplah membumi, tegas dan tenang. Jika Anda menjadi reaktif, baik dalam kemarahan atau kecemasan, hal itu dapat memicu tsunami emosi.

Pujilah mereka atas kemampuan mereka dalam memproses lingkungan mereka, tetapi ajarkan juga mereka untuk menciptakan hiburan yang mereka butuhkan.

“Saat Anda merasa gugup, tutup mata Anda dan ulangi pada diri Anda sendiri, ‘Saya aman, saya di rumah, dan saya akan baik-baik saja’,”. Ungkapan tersebut dapat dikatakan kepada anak tipe ini.

2. Si Penjelajah Hiperaktif

Si penjelajah hiperaktif tidak bisa duduk diam dan tidak pernah berada di tempat terakhir kali Anda meninggalkannya. Anak-anak ini sering dicap merepotkan oleh orang tua dan guru karena mereka bisa sangat aktif dalam pikiran dan tubuh mereka. Tetapi kekuatan super mereka adalah mereka sangat ingin tahu dan terlibat.

Untuk mengasuh tipe ini, perlu dihargai dan tidak dipermalukan karena semangat mereka yang menggebu-gebu. Tunjukkan pada mereka penerimaan tanpa syarat agar mereka dapat menerima diri mereka sendiri di dunia yang mungkin berulang kali menjauhi mereka.

“Saya mengagumi kreativitas dan imajinasi Anda. Cara berpikirmu yang berbeda dapat membantumu melakukan hal-hal yang luar biasa,” ucapan tersebut dapat dikatakan pada anak tipe ini.

3. Si Pembawa Senyum

Orang yang terlalu senang itu seperti mentega – lembut dan lentur, mudah dibentuk dan mereka adalah mangsa yang sempurna bagi orang tua yang memiliki kebutuhan kuat untuk mengontrol.

Mereka mengisi kekosongan, mengambil alih tugas-tugas, dan mendapatkan bintang emas. Namun karena mereka sangat ingin membantu, mereka sering melangkah terlalu jauh dan mengambil alih tanggung jawab sebagai orang tua. Bahkan bisa disebut sebagai orang dewasa yang diasuh di rumah.

Untuk mengasuh anak tipe ini, hormati dan ajarkan mereka cara melindungi batasan-batasan mereka. Ingatkan mereka bahwa kebutuhan mereka adalah yang utama.

“Kamu adalah pemberi, dan kamu mungkin bertemu dengan banyak orang yang akan terus memanfaatkanmu. Ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan ‘tidak’.” Ucapan tersebut bisa dikatakan pada anak tipe ini.

4. Si Pemimpi

Anak-anak pemimpi yang pendiam cenderung pemalu dan tertutup, serta kesulitan dalam keterampilan sosial dan percakapan.

Anda mungkin sering mendapati mereka menatap ke angkasa, mencoret-coret di buku catatan mereka, atau menghabiskan banyak waktu sendirian sehingga Anda bertanya-tanya apakah mereka ada di dalam rumah.

Banyak orang yang mungkin mencoba mengatakan bahwa mereka seharusnya sebaliknya, bahwa mereka harus lebih ekstrovert. Namun, untuk mengasuh anak tipe seperti ini, adalah membantu mereka merasa aman dan tonjolkan kekuatan mereka.

“Jangan biarkan orang lain mengatakan apa yang harus kamu lalukan. Ingat, mereka yang mampu menjadi diri mereka sendiri adalah orang-orang yang kuat. Saya mengagumi kamu apa adanya.” Ucapan ini bisa dikatakan untuk anak tipe seperti ini.

5. Pemberontak yang Tidak Konformis

Pemberontak Nonkonformis memiliki kemauan seperti lembu. Mereka tidak akan patuh sampai mereka yakin bahwa itu adalah sesuatu yang ingin mereka lakukan.

Saya tahu betapa sulitnya anak-anak ini. Putri saya, Maia, adalah seorang pemberontak, dan dia memiliki kepercayaan diri yang membuatnya tidak takut pada otoritas.

Anak-anak tipe seperti ini perlu merasa dihargai karena tekad mereka. Lepaskan kendali dan penilaian.

“Saya suka kemampuan kamu untuk mengikuti suara kamu sendiri dan tidak terpengaruh oleh opini populer. Namun, jangan melawan aturan hanya demi melawan, atau kamu akan kelelahan,” ucapan tersebut bisa dikatakan untuk anak tipe ini.

6. Si Pembawa Kebahagiaan dan Keberuntungan

Anak-anak ini selalu tertawa dan dalam suasana hati yang baik. Mereka tidak rewel, menuntut atau suka memerintah. Satu-satunya kelemahannya adalah mereka bisa jadi terlalu santai dan tampak tidak termotivasi. Akibatnya, beberapa orang tua mungkin menganggap mereka tidak cukup ambisius.

Kebanyakan para orang tua tidak menyadari bahwa anak-anak tipe ini sebenarnya adalah ahli dalam hidup di masa kini. Rayakan pendekatan positif mereka terhadap dunia.

“Kamu selalu membawa kedamaian dan kegembiraan dalam setiap situasi. Pertahankan irama ini, karena ini adalah irama yang hilang yang perlu diadopsi oleh dunia.” Ucapan itu bisa dikatakan pada anak tipe ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *