Hindari Rontok dan Rapuh, Lakukan 7 Langkah Ini untuk Rambut Berkilau

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Rambut yang sehat secara otomatis akan membuat rambut berkilau. Walau rutin pergi ke salon untuk merawatnya, itu saja tidak cukup dalam misi menyehatkan rambut.

Kesehatan rambut bergantung Anda memperlakukannya dalam keseharian. Berikut 7 cara yang harus Anda terapkan sehari-hari dalam merawat rambut, dilansir dari The Guardian, Kamis (13/12).

1. Dapatkan Protein yang Cukup

Sebab rambut terbuat dari keratin, jika tidak mendapatkan protein yang cukup saat diet maka dapat membuatnya kering dan rapuh. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengonsumsi ayam, ikan, produk susu, dan telur dalam makanan harian.

Sumber yang baik untuk vegetarian dan vegan adalah kacang-kacangan, tahu dan quinoa. Karbohidrat kompleks dan zat besi juga penting untuk kesehatan rambut.

2. Sisir Rambut dengan Lembut

Penggunaan sisir yang keliru menjadi salah satu penyebab paling umum kerusakan rambut. Gunakanlah sisir dari plastik atau berbentuk bulat. Menyisir rambut dari ujung dengan lembut menuju ke bagian atas kepala juga membantu menghindari kerontokan.

3. Keringkan Rambut dengan Alami

Hairdryers dan alat styling yang dipanaskan dapat membuat rambut rapuh dan kurang bersinar. Rambut berubah ketika terkena panas dari waktu ke waktu. Sebaiknya Anda membiarkan rambut mengering dengan alami, dan jika menggunakan pengering rambut, gunakan semprotan pelindung atau serum. Lalu mulailah pada pengaturan terendah sebelum meningkatkan suhu panas secara bertahap.

4. Kelupas Kulit Kepala Anda

Cuaca dingin bisa memperparah ketombe. Sampo yang mengandung zinc pyrithione atau salicylic acid direkomendasikan untuk mengobati ketombe. Jika ingin membuat scrub sendiri, Anda bisa menuangkan serpihan garam laut ke dalam sampo dan gosok ke dalam kulit kepala sebelum mandi.

5. Hilangkan Stress

Stress dapat menyebabkan kerontokan rambut. Olahraga, diet sehat, meditasi, dan mengutamakan tidur, semuanya dapat membantu menghilangkan stress tubuh dan pikiran.

6. Hidrasi Rambut Uban

Rambut uban memiliki tekstur lebih halus dan lebih rapuh, tetapi dapat terlihat lebih kasar karena kelenjar minyak menghasilkan lebih sedikit sebum seiring dengan bertambahnya usia. Sebaiknya Anda menggunakan kondisioner dan minyak yang menghidrasi dan melembapkan seperti argan dan jojoba sebagai bagian dari rutinitas untuk melembutkan rambut dan mengurangi kusam.

7. Potong Rambut dengan Teratur

Sangat penting untuk menyingkirkan ujung bercabang sebelum kerusakan bergerak ke atas. Idealnya Anda memotong ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu.

(Inr/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *