Daftar 12 Negara yang Sudah Hilang dari Peta Dunia

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Daftar 12 Negara yang Sudah Hilang dari Peta Dunia. Negara didefinisikan sebagai wilayah tertentu yang luas, memiliki batas, merdeka, serta diakui kedaulatannya yang setiap warga negaranya akan terikat peraturan-peraturan yang berlaku. Peta dunia memuat sejumlah wilayah di dunia yang memenuhi syarat untuk disebut sebagai negara.

Namun ternyata, ada beberapa negara dan bekas negara yang telah menghilang dari peta dunia. Ada banyak alasan di baliknya. Sebagian negara tersebut hilang karena berganti nama, bergabung atau terpisah menjadi entitas baru, dan kehilangan kedaulatan karena diambil alih negara lain.

Mengutip Unacademy dan ThoughtCo, berikut adalah beberapa negara yang sudah hilang dari peta dunia.

1. Cekoslowakia

Cekoslowakia merupakan negara di Eropa Tengah yang dibentuk pada tahun 1918 setelah mendeklarasikan kemerdekaan dari Austria-Hungaria. Pada 31 Desember 1992, negara ini berpisah secara damai membentuk Republik Ceko dan Slovakia.

2. Bengal

Bengal adalah negara di Asia Selatan yang berdiri sejak tahun 1338 sampai 1539. Sejak saat itu, wilayahnya dibagi antara negara India dan Bangladesh. Negara ini pun sudah tidak ada di peta dunia sekarang.

3. Austria-Hungaria

Austria-Hungaria merupakan sebuah negara di Eropa Tengah antara tahun 1867 dan 1918. Negara ini berbentuk monarki konstitusional dan meliputi wilayah Austria, Hungaria, sebagian dari Republik Ceko, Italia, Romania, Polandia, dan Balkan. Negara ini terpecah mendekati akhir Perang Dunia I.

4. Kekaisaran Ottoman

Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah merupakan salah satu negara yang sudah tidak ada lagi di peta dunia sekarang. Kekaisaran ini berdiri sejak tahun 1300 SM dan meliputi wilayah Rusia, Balkan, Hungaria, Turki, Afrika Utara, sampai Timur Tengah.

Pada tahun 1923, kesultanan ini jatuh saat Turki memerdekakan diri.

5. Prusia

Prusia merupakan kerajaan yang meliputi 2/3 wilayah Jerman bagian timur laut dan wilayah Polandia bagian barat. Mendekati akhir Perang Dunia I, negara ini sepenuhnya dibubarkan.

6. Texas

Sejarah mencatat bahwa Texas pernah berstatus sebagai negara. Texas memerdekakan diri dari Meksiko pada tahun 1836. Pada tahun 1845, negara ini dicaplok oleh Amerika Serikat sehingga sekarang negara ini sudah tidak ada lagi di peta.

7. Kerajaan Tibet

Tibet dulunya merupakan kerajaan pada abad ke-7. Pada tahun 1950, Tibet ditaklukkan oleh China. Sekarang, Tibet merupakan daerah otonom di wilayah Tiongkok.

8. Union of Soviet Socialist Republics

Union of Soviet Socialist Republics atau USSR merupakan salah satu negara komunis paling kuat selama berabad-abad. Pada tahun 1991, ngara ini pecah menjadi berbagai negara kecil, yaitu Moldova, Belarus, Turkmenistan, Armenia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Rusia, Uzbekistan, Azerbaijan, Ukraina, dan Tajikistan.

9. Burma

Negara Burma “menghilang” dari peta dunia. Alasannya karena Burma berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989. Tetapi, beberapa negara masih belum mengakui pergantian nama ini sampai sekarang.

10. Vietnam Selatan

Vietnam Selatan merupakan negara yang berdiri dari tahun 1954 sampai 1976. Jika Vietnam Utara merupakan negara dengan pemerintahan komunis, maka Vietnam Selatan menganut pemerintahan demokrasi. Pada tahun 1975, keduanya bersatu sebagai 1 negara tunggal.

11. Kerajaan Hawaii

Hawaii dulunya merupakan kerajaan selama beratus-ratus tahun sebelum akhirnya diakui sebagai negara independen pada tahun 1840-an. Pada tahun 1898, negara ini dicaplok oleh Amerika Serikat dan menjadi bagian dari negara tersebut sampai sekarang.

12. Abyssinia

Sejarah mencatat bahwa Abyssinia pernah jadi bagian dari negara kerajaan di Afrika bagian timur laut. Di awal abad 20-an, Abyssinia terbagi menjadi Eritrea dan Etiopia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *