Bos Pengusaha Ungkap Biang Keladi di Balik Tutupnya Pabrik Sepatu Bata

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Bos Pengusaha Ungkap Biang Keladi di Balik Tutupnya Pabrik Sepatu Bata. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani membeberkan penyebab pabrik sepatu Bata di Purwakarta tutup. Dia mengatakan Bata menghadapi kondisi permintaan yang turun baik dari dalam maupun luar negeri, sementara beban biaya terus meningkat.

Shinta menuturkan dengan kondisi seperti itu, Bata membuat kesimpulan bahwa sudah tidak mungkin bagi mereka untuk melanjutkan bisnisnya.

“Pada akhirnya perusahaan seperti Bata walaupun sudah hadir begitu lama di Indonesia, dia tetap harus melihat apakah masih feasible sebagai bisnis,” kata Shinta saat ditemui wartawan di Kantor DPN Apindo Jakarta, dikutip Minggu (12/5/2024).

Shinta mengatakan industri alas kaki seperti Bata sebenarnya sudah melakukan evaluasi terhadap kondisi yang ada saat ini. Namun, kata dia, kondisi tersebut semakin memburuk dan akhirnya Bata tak bisa bertahan.

Menurutnya, pemerintah perlu memperhatikan kondisi industri padat karya. Dia menilai belakangan ini banyak investasi yang masuk justru bersifat padat modal.

Selain itu, Shinta mengatakan kondisi geopolitik global tentu juga mempengaruhi industri dalam negeri Indonesia. Menurut dia, kondisi geopolitik yang panas membuat permintaan ekspor menjadi seret. Sementara di dalam negeri, daya beli masyarakat juga tertekan.

“Dengan kondisi seperti ini, daya beli pasti terjadi penurunan,” katanya.

Meski demikian, Shinta tetap mengapresiasi pemerintah yang terus memperkuat pondasi ekonomi Indonesia dengan cara menjaga inflasi dan menstabilkan nilai tukar Rupiah. Dia meyakini walaupun kondisi dunia serba tak tentu, perekonomian Indonesia akan mampu tumbuh di atas 5% pada 2024.

“Kita harus mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah, namun kita juga harus bersiap,” katanya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *