Berita : Maverick Vinales, Rising Star Yang Belum Lepas dari Bayangan Rossi

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Maverick Vinales bukan nama baru dalam dunia MotoGP. Kendati performanya tidak secerah Valentino Rossi, Vinales terbukti mampu membayangi rekan satu timnya di Movistar Yamaha (sekarang Monster Energy Yamaha) tersebut.

Sosok Vinales bukanlah pembalap fenomenal dalam kompetisi MotoGP. Sejauh ini dirinya baru bisa meraih podium sebanyak 15 kali.

Bahkan debutnya di MotoGP pada tahun 2015 lalu terbilang cukup buruk. Ketika berseragam Suzuki Ecstar, posisi tertinggi yang pernah diraihnya hanyalah peringkat keenam.

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (Motorsport)

Performa yang dia tunjukkan pada musim selanjutnya pun tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Dari 18 seri yang berlangsung, dia hanya mampu meraih empat podium. Berbeda dengan Valentino Rossi yang bisa meraih 11 kemenangan pada laga keduanya di kompetisi MotoGP.

Namun, bukan berarti Vinales dapat dicap sebagai pembalap gagal. Sebab dia sempat menyandang status sebagai rookie atau pendatang baru terbaik. Bakatnya juga semakin terasah terlebih ketika bergabung dengan Yamaha.

Selama dua tahun masa baktinya, Vinales beberapa kali menginjakkan kaki di atas podium. Bahkan pada musim 2017, dia mampu mengalahkan Rossi dengan menempati urutan tiga klasemen.

Namun sayang, prestasinya menurun di MotoGP 2018 lalu. Vinales harus puas menempati peringkat empat klasemen. Dia kalah lima poin dari Rossi yang menduduki posisi ketiga.

Melihat hal tersebut, tidak mustahil di musim 2019 Vinales dapat meraih hasil cemerlang. Bahkan mungkin saja jika dia mampu memperbaiki kelemahannya, Vinales dapat menggalahkan rekan satu timnya dalam meraih gelar juara.

“Maverick lemah dalam awal pertandingan dan hal itu menjadi bagian terpenting dari balapan, lima lap awal. Jadi dia harus bisa meningkatkan hal itu melalui pengalaman,” ucap pembalap legendaris, Wayney Rainey dilansir dari Motorsport.

“Kita lihat apakah dia bisa memperbaiki kekurangannya atau tidak. Jika dia bisa, maka Vinales akan menjadi ancaman besar untuk meraih gelar juara,” tukasnya.

Berikut catatan singkat karir Maverick Vinales;2011: Aprilia – 125cc (peringkat 3)2012: FTR Honda – Moto3 (peringkat 3)2013: KTM – Moto3 (juara) 2014: Kalex – Moto2 (peringkat 3)2015: Suzuki Ecstar – MotoGP (peringkat 12)2016: Suzuki Ecstar – Moto GP (peringkat 4)2017: Yamaha – MotoGP (peringkat 3)2018: Yamaha – MotoGP (peringkat 4)

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Bintang Rahmat

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *