Berita : Amankan Perayaan Natal, Polda Jateng Kerahkan 16.574 Personel Gabungan

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengerahkan jajarannya guna mengamankan jalannya misa perayaan Natal. Pengerahan jumlah personel rencananya diterapkan menyesuaikan jumlah jemaaht pada suatu tempat peribadatan.

“Kita lihat situasinya. Kalau gerejanya kathedral, kita pertebal, perbanyak (personelnya). Kalau tidak begitu besar gerejanya, ya disesuaikan,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Senin (24/12).

Condro menerangkan, skema pengamanan perayaan natal ini sifatnya terbuka dan tertutup. Khususnya di gereja serta tempat-tempat peribadatan umat Nasrani lainnya. Personel berseragam akan mengawasi titik yang perlu penjagaan, sementara cara tertutup dengan pengamatan dari sekitar lokasi.

Sebelum itu, upaya sterilisasi pun juga sudah dilakukan oleh Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jateng di beberapa gereja Katolik dan Kristen yang ada. Sebagai prosedur tetap pengamanan Natal dalam mengantisipasi potensi adanya benda-benda berbahaya yang tidak semestinya berada di dalam lingkungan gereja.

“Kita lakukan pengamanan. Khusus Natal dan Tahun Baru ini ada gabungan penambahan kekuatan. Dari ormas-ormas keagamaan ikut mengamankan gereja bersama TNI/Polri. Termasuk juga dari keluarga besar gereja itu sendiri, pemuda-pemuda gereja,” sambungnya.

Lalu, Kapolda melanjutkan, guna memberikan kepastian rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Jateng, ada pengerahan 16.574 personel gabungan. Terdiri dari 8.253 personel Polda Jateng, 1.431 personel TNI dan instansi terkait dan ormas 6.890 orang.

“Tidak hanya gereja fokusnya, tapi juga tempat-tempat lain yang digunakan untuk perayaan Natal. Karena berbarengan dengan libur libur anak sekolah, maka obyek wisata juga kita amankan,” cetusnya.

(gul/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/24/12/2018/amankan-perayaan-natal-polda-jateng-kerahkan-16574-personel-gabungan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *