Apa yang dimaksud Makanan Halal dan Pentingnya Untuk Kehidupan

Pasang Iklan Disini

Apa yang dimaksud Makanan Halal dan Pentingnya Untuk Kehidupan. Banyak sekali makanan halal yang bisa kita makan. Namun, masih ada yang bertanya mengenai apa yang dimaksud makanan halal. Singkatnya, makanan ini ialah makanan yang boleh dikonsumsi oleh umat Muslim atau Islam. Tentu saja makanannya harus sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Di Indonesia sendiri, karena merupakan negara dengan mayoritas Islam, maka sangat mudah untuk menemukan makanan tersebut. Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah ketika kita sedang jalan-jalan ke luar negeri yang mayoritasnya bukan beragama Islam.

Pentingnya Makanan Halal Untuk Kehidupan

Menjaga asupan makanan halal tentu saja diharuskan. Sebab, ada banyak alasan di baliknya. Tidak hanya tentang kesehatan saja, tetapi juga kehidupan secara menyeluruh. Adapun beberapa alasan atau pentingnya makanan ini untuk kehidupan ialah sebagai berikut.

Menyehatkan Tubuh dan Menghindarkan dari Penyakit

Alasan pertama kenapa harus mengonsumsi makanan ini ialah mampu menyehatkan tubuh dan menghindarkan dari penyakit. Perlu diketahui bahwa beberapa makanan haram memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh, itu sebabnya dalam syariat Islam dilarang untuk mengonsumsinya.

Kebanyakan makanan halal biasanya terhindar dari najis, bakteri, kuman, dan virus lainnya. Sehingga, bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Hal yang perlu diingat ialah hati-hati dalam membeli olahan kaleng atau makanan siap saji lainnya. Pastikan bahwa memiliki label halal dari MUI seperti PT. Sriboga Raturaya.

Mendapatkan Keberkahan Hidup

Selanjutnya, makanan halal juga bisa memberikan keberkahan dalam hidup. Salah satu bentuk keimanan kita sebagai umat muslim ialah tidak mengonsumsi makanan haram. Dalam Al-Quran pun sudah dijelaskan bahwa ketika mengonsumsi makanan yang halal, maka akan diberikan keberkahan melimpah. Salah satunya ialah keberkahan hidup.

Selain merupakan bentuk keimanan, mengonsumsi makanan halal juga bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta. Jika selama hidup selalu mengonsumsi makanan dan minuman halal, maka akan diberikan ganjaran dan ditempatkan di tempat terpuji.

Mendatangkan Rezeki Baik

Ketika mengonsumsi makanan yang diperoleh dengan rezeki yang baik, maka secara tidak langsung akan membiasakan diri untuk mencari rezeki baik di esok harinya. Selain itu, Allah pun menjamin hambanya yang sabar dan beriman dengan dicukupkan rezekinya selama hidup di dunia.

Diterimanya Doa

Pentingnya mengonsumsi makanan halal yang terakhir ialah memudahkan diterimanya doa. Dalam sebuah hadis shahih dikatakan bahwa doa dari seorang muslim tidak akan diterima, kecuali doa orang yang memakan makanan dari sumber yang halal.

Jenis Makanan Halal

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi, tetapi memang tidak semuanya halal. Adapun jenis makanan yang halal sudah tertera di dalam Al-Quran. Di antaranya ialah semua daging hewan ternak yang disembelih dengan menyebut nama Allah, hewan dalam air atau ikan, tahu, tempe, sayur-mayur, dan susu.

Selain itu, semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikkan. Sampai dengan makanan yang tidak diharamkan oleh Allah, Rasul-nya, dan para ulama. Berbagai makanan halal ini pun sangat mudah untuk ditemukan. Sehingga, bisa terus menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga diri agar selalu mengonsumsi makanan yang halal, maka lebih baik berbelanja di tempat yang memiliki sertifikasi halal. Sehingga, untuk makanan mentah atau daging pun sudah pasti aman.

Itulah beberapa hal mengenai makanan halal yang perlu diketahui. Sebagai umat Muslim, tentunya harus bisa menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan bahwa baik makanan atau minuman sudah terbukti halal.

Share :