Anies Bakal Lanjutkan Proyek Kebanggaan Jokowi

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Anies Bakal Lanjutkan Proyek Kebanggaan Jokowi. Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI Anies Baswedan secara tegas menyebutkan akan melanjutkan proyek hilirisasi. Namun yang berbeda, hilirisasi akan didorong bersamaan dengan industrialisasi untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Hal itu dikatakan Anies Baswedan dalam Sarasehan 100 Ekonom 2023 yang diselenggarakan oleh Indef dan CNBC Indonesia, Rabu (8/11/2023).

Bicara mengenai pertumbuhan ekonomi dan pemerataan, Anies menyebutkan bahwa langakah utama yang akan dilakukannya adalah membangun pusat perekonomian kota kecil dan menengah. Misalnya, kata Anies, ada 14 kota yang harus dikerjakan di mana, kota menengah dan kecil akan menjadi besar, di mana pertumbuhan di luar Jawa yang di dorong.

Kedua, ada keseriusan pengembangan UMKM menjadi bagian mata rantai pasok bisnis korporasi. “Ketiga hilirisasi sambil dorong industrialisasi. Mudah-mudahan menciptakan lapangan pekerjaan minimal 15 juta dalam periode lima tahun,” terang Anies Baswedan.

Hilirisasi merupakan proyek kebanggaan Presiden RIJokoWidodo (Jokowi). PemerintahanJokowi kerap membanggakanhilirisasi karena mampu menciptakan nilai tambah yang berlimpah. Nilai ekspor dari hilirisasi nikel misalnya pada tahun 2022 mencapai US$ 33,81 miliar atau Rp504,2 triliun

Selain hilirisasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan, antara lain yakni perbaikan tax ratio, Anies menyebut tax ratio idealnya 15%, dan mendorong pemanfaatan APBN dalam sektor yang berorientasi pada pertumbuhan, pada sektor yang merata.

“Ini dibuat orientasi terjadi, subsidi ini tentu harus tepat sasaran. Tidak mudah dikerjakan, tapi dari pengalaman kalau sudah tepat sasara, civil society yang menentukan,” ungkap Anies.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20231108103652-4-487298/tegas-anies-bakal-lanjutkan-proyek-kebanggaan-jokowi

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *