Alasan Tim Medis Terlambat Tolong Zhang Zhi Jie Menurut PBSI

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Alasan Tim Medis Terlambat Tolong Zhang Zhi Jie Menurut PBSI. Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengungkapkan alasan tim medis memerlukan waktu satu menit lebih untuk memberikan pertolongan pertama untuk Zhang Zhi Jie.

Kepala Bidang Humas PBSI, Broto Happy membeberkan bahwa tim medis tidak dapat masuk ke dalam lapangan sebelum diizinkan oleh referee (wasit turnamen) meskipun atlet menunjukkan tanda-tanda gawat darurat. Ia mengatakan, hal ini mengacu pada standard operating procedure (SOP) dari Asosiasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Maka dari itu, PBSI bakal memberikan surat kepada BWF untuk mengkaji ulang SOP tersebut.

“Kami akan membawa kasus ini ke BWF demi kebaikan dan keselamatan atlet di masa depan,” kata Kabid Humas PBSI, Broto Happy saat sesi jumpa pers di GOR Among Rogo Jogja, dikutip dari detikjogja, Rabu (3/7/2024).

“Aturan tertulis dari SOP dan guidelines tentang tim medis yang tidak bisa serta masuk ke lapangan sebelum ada call dari referee harus kita kaji ulang,” sambungnya.

Sebelumnya, atlet badminton China, Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat menghadapi Jepang dalam fase grup Asia Junior Championships (AJC) 2024 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Zhang Zhi Jie yang saat itu tengah menghadapi Kazuma Kawamo sempat jatuh, tengkurap, dan kejang-kejang di lapangan. Peristiwa itu terjadi ketika Zhang Zhi Jie akan menerima servis dari Kawano dan papan skor mencatatkan angka 11-11.

Menurut PBSI, tim medis memerlukan waktu sekitar 1 menit 20 detik untuk memberikan pertolongan pertama dari waktu Zhang Zhi Jie pingsan. Pertolongan baru dapat dilakukan setelah tim medis mendapatkan persetujuan dari wasit turnamen untuk memasuki lapangan.

Hasil pertolongan pertama yang tidak menunjukkan hasil positif membuat Zhang Zhi Jie langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr. S. Harjolukito yang berjarak 4,7 kilometer dari arena pertandingan.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin,” tulis pernyataan resmi Badminton Asia dan PBSI, Senin (1/7/2024).

“Dia (Zhang Zhi Jie) dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit,” jelas Badminton Asia dan PBSI.

Atlet kelahiran 30 Januari 2007 itu dinyatakan meninggal dunia pukul 23.20 WIB, Minggu (30/6/2024) setelah sempat menimbulkan tanda kematian sekunder dan dipindahkan ke RSUP Dr. Sardjito dalam kondisi tak bernapas.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *