4 Menteri Jokowi Bahas Alternatif Libur 2 Hari di Idul Adha

Pasang Iklan Disini

Wikimedan4 Menteri Jokowi Bahas Alternatif Libur 2 Hari di Idul Adha. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengaku bahwa pemerintah membahas alternatif libur Hari Raya Iduladha bersama empat menteri Kabinet Indonesia Maju. Alternatif yang dibahas adalah libur Idul Adha menjadi dua hari, yaitu pada 28 Juni dan 29 Juni 2023.

“Kemarin sudah kita bahas, kita kaji bareng dalam rapat tingkat menteri di kantornya Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara). Hasilnya masih menunggu arahan dan kebijakan Bapak Presiden Jokowi,” ujar Menteri Anas di Jakarta, dikutip Senin (19/6/2023).

Patut dicatat, libur Idul Adha 2023 tercantum dalam SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. SKB tersebut hanya mencatat hari libur pada 29 Juni 2023 dan tidak menambah perihal cuti bersama Iduladha. Namun, keputusan akhir ada di tangan Presiden.

Menurutnya, pembahasan dilakukan bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. “Kami bersama-sama telah mencari solusi terbaik untuk libur Hari Raya Idul Adha bagi seluruh masyarakat, sehingga semuanya bisa berjalan baik, termasuk bagi para aparatur sipil negara (ASN),” ujarnya.

Pemerintah sendiri belum menetapkan waktu pelaksanaan Iduladha karena pemerintah baru akan menggelar Sidang Isbat pada 18 Juni 2023. Adapun, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada 28 Juni 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi menetapkan jatuhnya hari raya Iduladha atau 10 Dzulhijjah 1444 H pada tanggal 29 Juni 2023. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi. Zainut mengatakan bahwa berdasarkan sidang isbat yang dilakukan diambil kesepakatan bahwa hari raya Idul Adha 1444 H jatuh pada tanggal 29 Juni 2023.

“Sidang isbat secara mufakat bahwa 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari Selasa 20 Juni 2023 Masehi dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 Masehi,” ujar Zainut beberapa waktu lalu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *