Segini Harta Kekayaan Sugiono Menteri Luar Negeri RI Baru

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Segini Harta Kekayaan Sugiono Menteri Luar Negeri RI Baru. Sugiono telah ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) RI. Ia adalah salah satu anggota pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Saat ini, dirinya masih aktif sebagai kader sejak bergabung dari 2008.

Pria kelahiran dataran tinggi Gayo pada 1979 lalu ini menjalani masa kecilnya di Takengon, Aceh. Sugiono menempuh pendidikan dasar di SD Takengon dan melanjutkan ke SMPN 1 Takengon, sebelum akhirnya menamatkan pendidikan menengahnya di SMPN 3 Banda Aceh.

Di 1994, ia berhasil lolos seleksi untuk melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah. Di sekolah ini, Sugiono aktif dalam organisasi siswa, termasuk menjadi anggota perwakilan kelas di tahun terakhirnya.

Ia kemudian lulus pada tahun 1997 dan dikenal sebagai alumni angkatan V. Setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara, Sugiono mengarahkan cita-citanya untuk menjadi tentara dengan mendaftar ke AKABRI.

Namun, ia juga tertarik dengan kesempatan unik yang ditawarkan oleh Danjen Kopassus saat itu, Prabowo Subianto, yaitu program beasiswa ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat (AS).

Melalui seleksi ketat, Sugiono diterima di Norwich University, salah satu kampus militer tertua di Amerika. Setelah menyelesaikan pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut, Sugiono kembali ke Indonesia dan mengikuti pendidikan calon perwira TNI di Akademi Militer Magelang dan lulus pada 2002, lalu dilantik sebagai perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua di korps Infanteri.

Seiring berjalan waktu, Sugiono akhirnya memutuskan untuk pensiun dini dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Ia kemudian beralih ke dunia politik.

Menurut laman elhkpn.kpk.go.id, Sugiono memiliki total kekayaan sebesar Rp10,99 miliar berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 27 Mei 2024 untuk laporan periodik tahun 2023 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kekayaan ini mencakup empat bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Jakarta Selatan, dan Gianyar, dengan nilai Rp8,56 miliar yang bersumber dari hasil sendiri.

Selain itu, Sugiono juga memiliki empat unit mobil dan satu sepeda motor, di antaranya:

– Jeep Rubicon tahun 2011 senilai Rp275 juta

– Honda Civic tahun 1997 senilai Rp20 juta

– Toyota Innova tahun 2015 senilai Rp100 juta

– Toyota Alphard tahun 2020 senilai Rp580 juta

– Sepeda motor Honda GL 1800DK tahun 2020 senilai Rp525 juta

Ditambah dengan kas dan setara kas sebesar Rp930 juta, total kekayaan Sugiono mencapai Rp10,99 miliar, tanpa adanya utang yang tercatat.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *