Pengguna HP Android Ramai-ramai Ganti ke iPhone

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Pengguna HP Android Ramai-ramai Ganti ke iPhone. Diskusi soal Android dan iOS tak ada habisnya. Perdebatan pengguna selalu terkait kekurangan dan kelebihan masing-masing sistem operasi untuk menunjang pengalaman menjajal perangkat mobile.

Kendati begitu, sepertinya makin banyak orang yang merasa iPhone yang berbasis iOS lebih baik ketimbang pabrikan lainnya yang berbasis Android.

Menurut laporan terbaru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), sebanyak 17% pembeli iPhone di kuartal kedua (Q2) 2024 sebelumnya menggunakan HP Android.

Angka itu menunjukkan persentase terbesar yang dilaporkan CIRP untuk periode Q2 sepanjang 5 tahun terakhir. Artinya, memang pengguna Android makin banyak yang beralih ke iPhone.

Sebelumnya, pada Q2 2023, hanya 10% pembeli iPhone yang sebelumnya merupakan pengguna HP Android. Tahun lalu mencatat persentase paling kecil selama beberapa tahun terakhir.

Lalu, pada Q2 2022, ada 14% pembeli iPhone yang berasal dari pengguna HP Android. Sebelumnya pada Q2 2021 ada 12% dan Q2 2020 ada 14%, dikutip dari 91mobiles, Jumat (18/10/2024).

Perlu dicatat, Apple tak meluncurkan iPhone baru di periode Q2. Jika angka pembeli iPhone di periode tersebut banyak merupakan mantan pengguna Android, artinya generasi iPhone yang dibeli bukan keluaran terbaru.

Hal ini menunjukkan ada kecenderungan pengguna HP Android yang menunggu iPhone berusia setidaknya 2 kuartal sebelum memutuskan untuk beralih ke perangkat iOS.

Faktor pendorongnya bisa beragam. Pengguna Android mungkin butuh pertimbangan lebih lama dan melihat review di pasaran sebelum memutuskan beralih. Bisa juga hal ini terkait harga yang lebih murah karena sudah ada promo-promo menuju iPhone generasi baru.

Dikutip dari AppleInsider, pengguna Android yang beralih ke iPhone pada Q2 2024, sejatinya tak menyasar iPhone 15 keluaran paling baru. Sebagai catatan, kala itu iPhone 16 belum dirilis.

Pasalnya, iPhone 15 menghadapi sengitnya kompetisi di China dan membuat penjualan iPhone keseluruhan jeblok. Agaknya pengguna Android yang beralih ke iPhone lebih menyasar model lama seperti iPhone 14, iPhone 13, dan iPhone SE.

AppleInsider mencatat, peralihan sistem operasi dari Android ke iOS akan mengubah pengalaman pengguna secara signifikan. Untuk itu, pengguna Android yang beralih ke iPhone cenderung memilih model yang lebih murah untuk mengetes apakah mereka bisa beradaptasi atau sulit.

Selain itu, yang memilih membeli iPhone 15 juga tergiur karena diskon besar yang digelontorkan Apple. Strategi diskon ketika belum ada generasi terbaru baru pertama kali dilakukan Apple, menunjukkan seri iPhone 15 memang kurang laris.

Laporan 91mobile menyebut, bahkan di negara-negara yang sensitif terhadap harga (price-sensitive) seperti India, masyarakat kebanyakan lebih memilih iPhone ketimbang HP premium Android.

Untuk itu, mereka rela menunggu iPhone berusia lebih lawas dengan patokan harga lebih murah, ketimbang membeli HP Android flagship keluaran baru.

Penjualan tahunan Apple di India pada Maret ini tembus US$ 8 miliar, lebih besar ketimbang US$ 6 miliar pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan pertumbuhan 33%.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *