BMKG Ungkap Kapan Wilayah RI Berhenti Hujan Masuk Kemarau

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – BMKG Ungkap Kapan Wilayah RI Berhenti Hujan Masuk Kemarau. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kapan Indonesia mulai masuk ke musim kemarau. Misalnya bulan ini, beberapa wilayah di Sumatra sudah mulai memasuki periode kemarau.

“Ada beberapa wilayah yang sudah mulai memasuki periode kemarau seperti bulan Februari itu di Aceh, Riau, Sumatra Utara bagian Timur. Karena di daerah itu memang terjadi dua kali musim hujan dan saat ini sudah masuk musim kemarau yang kedua,” kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, Kamis (15/2/2024).

Namun secara umum, transisi ke musim kemarau akan terjadi pada bulan Mei. Fachri juga mengingatkan ada beberapa wilayah yang mengalami curah hujan rendah.

Beberapa daerah yang memiliki curah hujan rendah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seluruh daerah tersebut,  dia mengatakan untuk bisa jadi perhatian.

“Kita mulai memasuki transisi ke periode musim kemarau itu pada bulan Mei. Ini daerah-daerah yang perlu menjadi kewaspadaan kita, seperti Jawa Tengah bagian Timur, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, curah hujan sudah dalam kategori rendah di bulan Mei. Ini kaitannya dengan penanaman tanaman pangan,” jelasnya.

Sementara untuk puncak musim kemarau di Indonesia, Fachri mengatakan akan terjadi antara bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Bulan Januari hingga Februari ini juga menandakan sebagai periode puncak musim hujan 2024. Dalam laporan Climate Outlook 2024 BMKG, curah hujan tahun ini cenderung lebih basah dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun curah hujan Maret 2024 disebut sama seperti Maret 2023. Pada Juli akan jauh lebih kering dibandingkan tahun lalu.

Pada kuartal pertama tahun ini curah hujan pada musim hujan diperkirakan akan normal kecuali untuk bagian selatan Indonesia yang di bawah normal. Sedangkan curah hujan pada awal musim kemarau diprediksi normal pada pertengahan tahun.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *