Penyesalan Bos Microsoft Berhenti Rilis HP Windows Phone

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Penyesalan Bos Microsoft Berhenti Rilis HP Windows Phone. Satya Nadella mengungkapkan beberapa penyesalannya selama jadi CEO Microsoft. Termasuk menghentikan bisnis HP Windows milik perusahaan.

Menurutnya, keputusan keluar dari bisnis ponsel bisa ditangani lebih baik. Misalnya dengan menciptakan komputasi antara ponsel, tablet, dan PC.

“Keputusan yang menurut saya banyak dibicarakan orang, dan salah satu keputusan tersulit yang saya buat saat jadi CEO, adalah keluar dari apa yang disebut sebagai telepon seluler yang didefinisikan saat itu,” kata dia, dikutip dari The Verge, Kamis (26/10/2023).

Microsoft baru mengonfirmasi kematian Windows Phone bertahun-tahun kemudian. Padahal enam bulan setelah keputusan diambil, perusahaan masih meluncurkan Surface Duo dan Surface Duo 2 dengan dukungan Android.

Pada akhirnya tidak ada penerus kedua ponsel itu. Tidak jelas masa depan Surface Duo.

Penyesalan soal Microsoft di bisnis ponsel juga pernah diungkapkan oleh beberapa mantan bos perusahaan. Misalnya, pendiri dan mantan CEO Bill Gates mengatakan penyesalan terbesarnya adalah perusahaan kalah dari Android.

Pada 2005, Google diketahui mengakuisisi Android. Pada 2012, mantan CEO Google Eric Schmidt mengakui fokus awal perusahaan mengalahkan Windows Phone.

Selain itu, Steve Ballmer yang juga pernah menjabat sebagai CEO Microsoft lambat merespons ancaman Android dan iPhone. Dia hanya berfokus pada Windows Phone dan mengejek iPhone dengan menyebutnya sebagai HP termahal dunia namun tidak menarik untuk pelanggan bisnis karena tidak punya keyboard.

“Saya menyesal saat periode di awal tahun 2000-an saat kami sangat fokus pada apa yang harus dilakukan dengan Windows [Vista] jadi tidak dapat memindahkan talenta ke perangkat baru yang disebut ponsel,” kata Ballmer.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *