Beda Android TV dan Smart TV Supaya Jangan Salah Beli

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Beda Android TV dan Smart TV Supaya Jangan Salah Beli. Ada banyak pilihan jenis TV saat ini. Namun jangan sampai salah pilih antara Android TV dan Smart TV,

Smart TV sendiri merupakan jenis televisi yang bisa mengakses program tambahan menggunakan internet. Jadi layaknya menggunakan komputer atau laptop dengan TV.

Di dalamnya juga ditunjang beberapa aplikasi bawaan untuk hiburan. Mulai dari streaming dengan Netflix, Youtube, ataupun Facebook, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Semua TV yang telah menyediakan konten secara online dengan menggunakan sistem operasi apapun, sudah bisa dikatakan sebagai Smart TV. Ini berbeda dengan Android TV, yang seperti namanya hanya mendukung OS Android yang didukung Google.

Pada dasarnya, Android TV juga termasuk ke dalam Smart TV. Namun Android TV lebih unggul dalam fungsi tambahan dan aplikasi yang tersedia.

Dari antarmuka, Smart TV membuatnya ramah pengguna dan memiliki performa lebih baik serta lebih cepat dibandingkan Android TV. Jika ingin upgrade ke Android TV, pengguna Smart TV tinggal menambahkan Android TV box seperti Chromecast.

Lalu apa saja perbedaan kedua TV tersebut? Berikut informasinya, dirangkum Jumat (13/10/2023):

Program Aplikasi

Android TV didukung oleh Android App Store dengan 10 ribu aplikasi. Pengguna dapat menggunakan berbagai aplikasi layaknya di HP Android biasanya.

Sementara itu, Smart TV menjalankan sistem operasi lain seperti Tizen OS dan WebOS. Jadi dukungan aplikasi jadi lebih terbatas dan hanya menyediakan aplikasi bawaan terkenal yang bisa diakses.

Pembaruan Otomatis

Untuk pembaruan atau update, Android TV lebih unggul dibandingkan Smart TV. Asalkan terhubung dengan Wifi, Android TV dapat melakukan update aplikasi secara otomatis. Sebaliknya Smart TV sulit mendapatkan pembaruan.

Asisten Suara

Android TV didukung asisten Google (Google Assistant), jadi pengguna bisa menggunakannya saat menonton TV. Mulai dari berpindah saluran atau mencari program hanya dengan kontrol suara apapun.

Smart TV juga telah mendukung kontrol suara. Namun TV tetap perlu tambahan perangkat lagi seperti Alexa untuk menggunakan fitur tersebut.

Screen Mirroring dan Transmisi Layar

Android TV juga telah mendapatkan dukungan fitur miroring layar. Dengan begitu dapat melihat aplikasi dari HP Android di TV.

Namun hal serupa tak bisa dilakukan pada Smart TV. Pengguna masih perlu peralatan proyeksi lain untuk menggunakannya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *