Alasan Apple Rilis iPhone Setiap Tahun Dijawab CEO Tim Cook

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Alasan Apple Rilis iPhone Setiap Tahun Dijawab CEO Tim Cook. Apple sedang gencar meluncurkan kampanye untuk menjadi perusahaan “ramah lingkungan” dengan target karbon netral pada 2030. Namun, banyak komentar miring menuding kebiasaan Apple meluncurkan iPhone baru tiap tahun membuat limbah elektronik menumpuk.

Pekan lalu, CEO Apple Tim Cook menjawab kritik soal peluncuran iPhone tiap tahun dalam wawancara dengan Brut. Ia menjelaskan alasan Apple memilih tetap meluncurkan iPhone setiap tahun meski punya ambisi menjadi perusahaan yang netral karbon.

“Menurut saya, memiliki iPhone [baru] setiap tahun, bagi mereka yang menginginkannya, adalah sesuatu yang bagus. Apa yang kami lakukan adalah, kami memberikan kesempatan bagi mereka untuk menukar HP [lama] mereka,” katanya.

Lewat program tukar tambah iPhone, ia mengklaim Apple justru bisa mengurangi limbah elektronik dan menghemat komponen.

“Kami kemudian menjual kembali HP [lama] itu. Jika iPhone itu sudah tidak berfungsi, kami memiliki cara untuk memperetelinya dan menggunakan material tersebut untuk membuat iPhone baru,” kata Cook.

Cook juga menantang para ahli yang menuding Apple tidak pernah akan bisa menjadi perusahaan yang netral karbon. “Saya mengundang semua orang untuk membaca secara lengkap di website Apple, apa yang kami maksud dengan itu. Kami bekerja keras untuk mengurangi jejak karbon kami sebesar mungkin.”

Selain itu, Apple juga memiliki program pelunasan karbon (carbon offset) untuk menutupi target yang tidak tercapai dengan pengurangan jejak karbon.

“Apa pun yang belum bisa tercapai lewat upaya kami, kami lunasi dengan proyek seperti pengelolaan hutan dan sabana untuk mengurangi karbon dari atmosfer. Namun, tujuan kami adalah mengurangi jejak karbon sebanyak mungkin, sebelumnya [menggunakan sistem carbon offset],” kata Cook.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *