Kim Jong Un Ganti Panglima Militer, Korut Siap Perang

Pasang Iklan Disini

WikimedanKim Jong Un Ganti Panglima Militer, Korut Siap Perang. Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengganti jenderal tertinggi militer dan menyerukan lebih banyak persiapan untuk kemungkinan perang, peningkatan produksi senjata, dan perluasan latihan militer.

Hal ini dilaporkan media pemerintah KCNA pada Kamis (10/8/2023). Menurut laporan, Kim membuat komentar tersebut pada pertemuan Komisi Militer Pusat yang membahas rencana penanggulangan untuk mencegah musuh Korut, yang tidak disebutkan namanya.

“Jenderal tertinggi negara itu, Kepala Staf Umum Pak Su Il diberhentikan,” lapor KCNA, tanpa menjelaskan lebih lanjut, seperti dikutip Reuters.

Pak telah menjalankan perannya selama sekitar tujuh bulan dan posisinya digantikan oleh Jenderal Ri Yong Gil, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan negara, serta komandan tertinggi pasukan konvensionalnya.

Ri juga sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Ketika dia diganti pada tahun 2016, pemecatannya dan ketidakhadirannya dari acara resmi memicu laporan di Korea Selatan (Korsel) bahwa dia telah dieksekusi. Namun Ri muncul kembali beberapa bulan kemudian, ketika dia diangkat ke posisi senior lainnya.

Kim juga menetapkan target perluasan kapasitas produksi senjata. Minggu lalu dia mengunjungi pabrik senjata di mana dia meminta lebih banyak mesin rudal, artileri, dan senjata lain untuk dibangun.

Foto yang dirilis oleh KCNA menunjukkan Kim menunjuk ke Seoul dan daerah sekitar ibu kota Korsel di peta.

Kim juga meminta militer untuk melakukan latihan dengan senjata dan peralatan terbaru negara itu agar pasukannya siap untuk berperang.

Korut rencananya akan menggelar parade milisi pada 9 September, menandai peringatan ke-75 Hari Pendirian Republik. Korut memiliki sejumlah kelompok paramiliter yang digunakannya untuk memperkuat pasukan militernya.

Sementara itu, AS dan Korsel dijadwalkan mengadakan latihan militer antara 21 dan 24 Agustus. Latihan kedua negara sekutu dianggap Korut sebagai ancaman terhadap keamanannya.

 

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20230810185151-4-462001/kim-jong-un-ganti-panglima-militer-korut-siap-perang

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *