10 Cara Sederhana untuk Menenangkan Fikiran di Tengah Kesibukan

Pasang Iklan Disini

10 Cara Sederhana untuk Menenangkan Fikiran di Tengah Kesibukan. Setiap orang pasti pernah mengalami fase dimana pikiran terasa kacau hingga membuat hati serba salah. Biasanya saat pikiran tidak tenang saat bekerja akan membuat anda sangat stress. Memang, bekerja di tempat idaman tidak menjamin Anda terbebas dari stres di tempat kerja.

Cara Sederhana Menenangkan Pikiran

Rutinitas di kantor yang berlangsung dari pagi hingga sore selama seminggu bisa memicu stres. Berikut 10 Cara Sederhana Menenangkan Pikiran di tengah kesibukan.

  1. Lakukan Yoga untuk Relaksasi Pikiran

Salah satu jenis olahraga yang dapat membantu Anda menghilangkan stres adalah yoga. Dalam ilmu kedokteran, gerakan dalam yoga ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot tubuh, melancarkan aliran darah, serta menenangkan sistem saraf.

Bahkan manfaatnya bukan hanya membantu menenangkan pikiran, namun juga untuk menjaga kesehatan fisik. Apabila anda sedang melakukan senam yoga akan mengurangi suatu kecemasan untuk menghilangkan pikiran yang tegang.

  1. Berjalan-jalan di Sekitar Kantor

Tak ada salahnya untuk meluangkan waktu jalan-jalan ke taman. Pemandangan hijaunya dedaunan di taman dapat menyegarkan pikiran dan melepas penat dari kesibukan bekerja. Jalan-jalan keliling kantor minimal 15 menit juga bisa meregangkan otot setelah duduk lama bekerja di depan laptop, serta bisa menenangkan pikiran.

  1. Ngobrol Dengan Kolega

Obrolan kecil dan candaan dengan rekan kerja bisa membuat Anda lebih semangat dalam bekerja. Anda juga bisa berbicara pada diri sendiri atau self-talk tentang semua hal positif agar semangat bekerja kembali.

  1. Makan Makanan Yang Sehat

Kesibukan pekerjaan membuat banyak orang melupakan jadwal makan. Kemudian, orang cenderung mengonsumsi makanan sembarangan, termasuk mengonsumsi junk food. Padahal, untuk menghadapi tuntutan pekerjaan di kantor, Anda membutuhkan tubuh yang fit dan energi yang cukup.

Kurangi makan atau minum zat yang mengandung gangguan mood seperti kafein, alkohol, lemak trans, dan pengawet makanan. Perbanyak bahan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, rumput laut, telur dan tuna karena dapat membantu menciptakan suasana hati yang baik.

  1. Jangan menunda-nunda

Saat Anda sibuk, bahkan tugas kecil pun tampak menakutkan. Jika anda menunda pekerjaan kecil hanya akan menyebabkan tumpukan pekerjaan yang semakin sulit untuk diselesaikan. Sebaiknya kerjakan beberapa tugas kecil supaya Anda tidak menunda-nunda. Misalnya menyortir surat, pergi ke bank untuk menyetor cek, atau mencuci piring, agar kita tidak kewalahan. Lambat laun, semua pekerjaan akan menjadi mudah.

  1. Ciptakan Ruang Kerja yang Rapi

Seringkali orang membiarkan kertas, surat dan dokumen yang tidak penting berserakan di atas meja. Hal ini membuat kami kesulitan untuk mencari dokumen tertentu yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Mencari dokumen yang menyita waktu, dapat mengganggu konsentrasi bahkan menimbulkan stres.

Karena itu, usahakan agar meja Anda tetap bersih dan rapi. Simpan semua dokumen dengan rapi, selanjutnya pisahkan mana yang tepenting dan penting. Lengkapi juga meja kerja dengan foto-foto orang tersayang untuk mendongkrak semangat.

  1. Gunakan Terapi Aroma

Aromaterapi adalah salah satu zat yang banyak digunakan ketika akan melakukan pengobatan alternatif. Karena aromaterapi dapat membantu orang lebih rileks, menciptakan suasana hati, dan membantu pernapasan. Oleh karena itu, lengkapi ruang kerja dengan aromaterapi. Stres akibat beban kerja dapat dikurangi dengan mencium aroma khas ekstrak minyak atsiri.

  1. Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup di malam hari akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih bugar. Stamina tubuh yang baik sangat penting sebagai modal menghadapi tanggung jawab pekerjaan di kantor.

Jika sudah pulang kerja, sebaiknya jangan berlama-lama untuk menonton televisi atau handphone danlainnya. Lampu gadget akan menekan produksi melatonin tubuh dan mengganggu kualitas tidur.

Satu jam sebelum tidur, matikan semua gadget, lalu tenangkan pikiran dan rilekskan otot-otot tubuh, misalnya dengan bermeditasi atau mendengarkan musik yang lembut. Jangan lupa, redupkan lampu kamar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari cegah stres agar produktivitas kerja dalam bekerja meningkat.

  1. Fokus Pada Tujuan

Sebaiknya Fokus pada tujuan agar bisa melepaskan emosi negatif. Mulailah dengan menyadari hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau pulang. Perhatikan sensasi suara, fisik, bau dan rasa dari pengalaman ini bisa membantu Anda agar fokus. Ketika pikiran Anda terbang sehingga menyebabkan Anda terlalu banyak berpikir, maka kembalikan saja ke apa yang Anda lakukan saat ini.

  1. Beri Tahu Orang Lain

Cara untuk menenangkan hati dan pikiran anda selanjutnya yaitu dengan menceritakan apa yang telah anda rasakan. Anda bisa memilih siapa saja yang Anda percayai, baik itu orang tua, teman, rekan kerja, mentor, atasan, atau terapis jika diperlukan. Dengan bercerita Anda bisa mendapatkan sudut pandang lain yang bisa membuat tenang, atau paling tidak anda bisa melepaskan beban dan kekhawatiran yang ada di hati dan pikiran Anda.

Demikian penjelasan dari saya tentang 10 Cara Sederhana Untuk Menenangkan Fikiran ditengah kesibukan seperti yang dilansir copaster.com semoga bermanfaat, terimakasih.

Share :