Jokowi: Tol Cisumdawu Dibangun 12 Tahun, Problemnya Banyak

Pasang Iklan Disini

WikimedanJokowi: Tol Cisumdawu Dibangun 12 Tahun, Problemnya Banyak. Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan tol Cileunyi – Sumedang Dawuan (Cisumdawu). Kini tol sepanjang 61,6 km itu sudah beroperasi penuh dan menyambungkan Bandung ke Cirebon.

“Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Cisumdawu, jalan tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan,” kata Jokowi saat peresmian, mengutip siaran Sekretariat Presiden, Selasa (11/7/2023).

Tol ini dapat menghubungkan kota Bandung melalui tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang) juga tol Cikampek – Palimanan, menuju Majalengka. Tol ini juga penghubung antara kota Bandung dengan Bandara Kertajati.

Dalam proses pembangunan Tol Cisumdawu, Jokowi bercerita banyak masalah yang terjadi. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga proses konstruksi rampung.

“Tol Cisumdawu mulai dibangun itu tahun 2011 artinya sudah 12 tahun. memang banyak problem di lapangan, utamanya proses pembebasan lahan, pembebasan tanah,” sebutnya.

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Sumedang, Selasa (11/7/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Sumedang, Selasa (11/7/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Sumedang, Selasa (11/7/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Tol ini pun dibangun dengan anggaran mencapai Rp 18,3 triliun, dimana porsi pemerintah Rp 9,07 triliun sedangkan sisanya berdasarkan dari dana swasta. Kelebihan tol ini juga memiliki terowongan kembar atau twin tunnel dengan panjang 472 meter yang tidak ada di jalan tol lainnya.

Jokowi berharap adanya tol ini mempermudah konektivitas ke Bandara Kertajati, yang sempat terganggu operasionalnya karena sepi penerbangan. Sehingga dengan adanya tol masyarakat kota Bandung hanya menghabiskan waktu 1 jam ke bandara Kertajati.

“Saya melihat airport Kertajati yang didukung Tol Cisumdawu ini adalah airport masa depan,” tegas Jokowi.

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022. Diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

Sedangkan yang akan diresmikan hari ini adalah Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,3 km. Saat beroperasi penuh maka Jalan Tol Cisumdawui seluruhnya sepanjang 62 km.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *