12 Tanda Pasangan Anda Selingkuh Menurut Psikolog

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – 12 Tanda Pasangan Anda Selingkuh Menurut Psikolog. Semua pasangan tentu pernah mengalami pasang surut emosional dalam hubungannya. Hal ini bisa terjadi karena berbagai masalah, baik faktor internal maupun eksternal.

Jika tidak diatasi, bukan tidak mungkin akan terjadi masalah yang lebih besar, termasuk perselingkuhan.

Banyak faktor yang bisa mendasari terjadinya perselingkuhan. Namun, bila mengacu pada beberapa penelitian, benang merah dari beragam faktor tersebut adalah ketidakpuasan dalam hubungan.

Selingkuh bukan karena ‘pelakor’

Selingkuh adalah pilihan yang dibuat secara sadar. Sebab, dalam dinamika hubungan, Anda adalah seorang dewasa yang bisa menentukan tindakan Anda sendiri, terlepas dari ada atau tidaknya godaan.

Dengan siapa pun perselingkuhan itu dilakukan, efek perselingkuhan sama buruknya seperti menghancurkan dua pilar utama dalam hubungan, yaitu komitmen dan rasa percaya.

 

Mengapa orang mengkhianati pasangannya?

Perselingkuhan seringkali menandakan bahwa ada sesuatu yang salah dalam suatu hubungan. Seorang pasangan, misalnya, mungkin memilih seseorang yang kurang menarik, kurang cocok secara seksual, atau kurang menarik dari pasangannya, dalam upaya memperbaiki atau mengkompensasi hal lain yang dia anggap kurang.

Terkait masalah perselingkuhan, tidak semua perselingkuhan bisa berujung pada rekonsiliasi, namun tak semua harus berakhir dengan perceraian. Semua itu akan sangat bergantung pada kekuatan fondasi hubungan serta komitmen pada pasangan untuk bisa memulihkan hubungan mereka.

 

Berikut 12 tanda pasangan selingkuh dikutip dari Psychology Today:

1. Kurangnya keintiman emosional. Saat Anda dan pasangan bertengkar, sulit untuk menemukan keintiman emosional, dan seringkali seorang memicu pertengkaran agar bisa mengambil jarak dari hubungan tersebut.

2. Jarang di rumah. Mereka yang berselingkuh enggan berlama-lama di rumah dan akan memilih menghabiskan waktu di kantor hingga larut malam, bekerja di akhir pekan, bepergian jauh dari rumah tanpa pasangannya.

3. Tanda di tubuhnya. Perhatikan apabila ada aroma asing di udara dan pakaian. Hal tersebut bisa menunjukkan keintiman dengan orang lain.

4. Kurangnya keintiman fisik.

5. Sering memulai pertengkaran di rumah.

6. Bertindak sesuka hati dan mengabaikan Anda.

7. Mendadak lebih memerhatikan penampilan mereka. Biasanya mereka yang selingkuh lebih fokus pada penampilan dengan menurunkan berat badan, berolahraga di pusat kebugaran dan membeli baju baru.

8. Ingin tampil seperti anak muda.

9. Pola mandi yang tidak biasa saat kembali ke rumah.

10. Menuduh Anda berselingkuh.

11. Mengganggu atau meremehkan hal-hal yang Anda lakukan. Atau, sebaliknya, terlalu menyanjung dan sopan, membawa pulang hadiah yang tidak terduga.

12. Mengatakan bahwa mereka membutuhkan waktu sendiri untuk memikirkan hubungan dengan Anda.

 

Apa yang harus dilakukan jika Anda menduga pasangan selingkuh?

Bersikaplah proaktif, perhatikan riak atau perubahan dalam dinamika hubungan sehari-hari Anda dengan pasangan. Pada titik tertentu Anda mungkin harus memilih apakah ingin menyelamatkan hubungan atau berpisah.

Cobalah untuk menggunakan jasa profesional yang dapat membantu Anda memahami perasaan sendiri sehingga Anda dapat memutuskan apakah masih mencintai pasangan atau tidak.

Jika Anda berdua masih merasakan cinta, masih ada harapan untuk membangun kembali hubungan Anda. Namun, Anda dan pasangan harus menegaskan kembali komitmen kesetiaan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *