Daftar Komponen Lampu Kepala Mobil Beserta Fungsinya, Apa Saja?

Pasang Iklan Disini

Daftar Komponen Lampu Kepala Mobil Beserta Fungsinya, Apa Saja? Komponen lampu pada mobil memiliki fungsi yang jelas yaitu sebagai penerang sehingga pengemudi bisa dengan jelas melihat jalan saat malam hari tiba. Tanpa adanya lampu mobil tentunya menjadi masalah serius karena pengemudi tidak bisa melihat jalan dengan jelas dan tentu bisa membahayakan. Di perkotaan memang terdapat lampu jalan yang bisa menerangi saat lampu sedang mati, lalu jika lampu mati saat sedang di area pedesaan maka harus berhenti sampai pagi tiba. Melihat hal ini, tentunya lampu bisa dikatakan komponen penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada baiknya lampu diganti saat mendekati usia pakai dan jangan menunggu lampu mati karena jika lampu mati di malam hari maka akan membuat pengemudi kerepotan.

Sekarang lampu bukan hanya dilihat dari fungsinya saja tetapi sekarang lebih dari itu karena bisa mempengaruhi penampilan sebuah kendaraan. Dengan desain lampu yang menarik tentunya penampilannya juga akan semakin menarik. Apalagi jika menggunakan bohlam LED tentunya mobil akan sangat indah karena memancarkan cahaya putih dari lampu depan. Dalam komponen lampu tentunya terdiri dari banyak komponen, penasaran apa saja? berikut ini daftarnya.

Komponen Di Dalam Lampu

Harness

Komponen pertama pada lampu mobil yaitu harness atau sering disebut dengan wiring yang merupakan rangkaian kabel penghantar yang terstruktur. Fungsinya adalah untuk menghantarkan aliran listrik antar komponen sehingga semua bisa bekerja dengan baik.

 

Sekring

Berikutnya ada komponen sekring yang tentu namanya sudah tidak asing lagi karena ada di setiap rumah. Sama halnya dengan yang ada di rumah, sekring di lampu mobil juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengaman jika terjadi masalah korsleting. Biasanya ada dua buah sekring pada kunci kontak dan satu lagi terletak pada relay lampu.

 

Aki

Selanjutnya ada komponen aki yang berfungsi untuk menyediakan sekaligus menyimpan energi listrik yang akan dialirkan kepada rangkaian lampu kepala sehingga lampu bisa menyala dan menerangi jalan. Jika aki sudah mulai menurun kualitasnya, maka akan banyak komponen yang terpengaruh seperti cahaya lampu menjadi redup atau mobil sulit distarter.

 

Saklar kombinasi

Di dalam lampu mobil juga terdapat saklar kombinasi yang berperan sebagai pembagi lampu yang bisa dimatikan dan dihidupkan. Selain itu, berfungsi sebagai pemisah antara jalur lampu dekat dengan yang jauh.

 

Relay

Kemudian ada lagi komponen bernama relay yang fungsinya hampir sama dengan sekring. Selain itu juga berperan sebagai saklar elektromagnetik agar tidak terjadi kerusakan pada saklar kombinasi.

Itulah daftar komponen pada lampu mobil ternyata cukup banyak dan ini belum termasuk lampu jauh dan lampu dekat. Jika ingin beli mobil bekas tentunya harus cek juga bahwa lampu mobil masih dalam keadaan terang dan hal ini bisa dicek langsung. Tetapi jika ingin beli di aplikasi mobbi tentunya tidak perlu lagi dicek karena sudah pasti semua komponen dalam kondisi baik dan sudah siap jalan. Selama ini, platform mobbi selalu fokus jual mobil bekas Jakarta dan daerah lainnya sehingga setiap masyarakat bisa memanfaatkan platform jual beli mobil second terbaik ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *