Inflasi Jepang Tertinggi sejak 2014

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Inflasi Jepang Tertinggi sejak 2014. Harga konsumen inti Jepang naik 3,0% pada September (yoy). Angka ini menjadi level tertinggi sejak 2014 akibat penurunan mata uang yen dan kenaikan biaya energi yang membebankan rumah tangga Negeri Sakura.

Data pemerintah Jumat (21/10/2022), yang mengecualikan harga makanan segar, membawa inflasi jauh di atas target jangka panjang Bank of Japan (BoJ) sebesar 2,0%. Namun jika tidak termasuk harga energi, angkanya hanya 1,8%, sehingga memperkuat argumen bank sentral bahwa kenaikan saat ini belum memenuhi standar untuk pertumbuhan harga yang berkelanjutan.

Data terakhir sejalan dengan ekspektasi pasar, tetapi terakhir kali angka tersebut terlihat, harga telah didorong secara artifisial oleh kenaikan PPN. Inflasi pada September sendiri merupakan laju tercepat dalam hampir 31 tahun.

“Sebagian besar kenaikan harga saat ini adalah kenaikan harga bahan baku, sementara harga jasa yang terkait dengan upah belum terlihat kenaikan yang berarti,” kata Taro Saito, ekonom di NLI Research Institute, mengatakan dalam sebuah catatan yang dirilis sebelum data, dikutip dari AFP.

Dia memperkirakan akan membutuhkan lebih banyak waktu bagi Jepang untuk mencapai inflasi yang stabil melalui kenaikan upah dan kenaikan harga layanan. Saat bank sentral lain memilih untuk menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi yang melonjak, BoJ memandang kenaikan harga saat ini terkait dengan peristiwa luar biasa seperti perang Rusia di Ukraina.

Negara ini disebut telah terjebak dengan kebijakan moneter ultra-longgar dan menolak kenaikan suku bunga, dengan alasan bahwa ekonomi terbesar ketiga di dunia itu belum mencapai target inflasi 2,0% yang dipandang perlu untuk mendorong pertumbuhan.

Akibat jurang yang tumbuh antara kebijakan bank dan kenaikan suku bunga, yen merosot, terutama terhadap dolar. Pada Kamis, yen melemah menjadi 150 terhadap greenback, jatuh pada level yang tidak terlihat sejak tahun 1990

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *