CEO Toshiba Jepang Putuskan Undur Diri, Mengapa?

Pasang Iklan Disini

Jakarta, Wikimedan – Presiden Toshiba Jepang, Nobuaki Kurumatani, mendadak undur diri. Kabar ini diumumkan perusahaan kemarin malam, Rabu (13/4/2021). Alasan pengunduran diri Kurumatani disebutkan karena tawaran pembelian dari dana ekuitas swasta dilaporkan memicu kekacauan di dalam perusahaan Jepang.

Dalam sebuah pernyataan, Toshiba mengatakan dewan telah menerima pengunduran diri Kurumatani, tanpa memberikan alasan detail mengapa ia meminta untuk mundur. Namun, diperkirakan bahwa alasan pengunduran diri Kurumatani disebabkan karena perang penawaran yang dilakukan oleh dua sumber dana.

Menyikapi kemunduran Kurumatani, perusahaan mengatakan bakal menunjuk Satoshi Tsunakawa, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden senior Toshiba.

Perlu diketahui, Toshiba sedang menimbang tawaran pembelian dari dana Inggris dengan kesepakatan bisa bernilai $20 Miliar. Seperti yang dilansir melalui Bangkokpost hari ini.

Langkah tersebut dilakukan ketika anggota dewan mengajukan pertanyaan tentang tawaran pembelian dari CVC Capital Partners, tempat Kurumatani sebelumnya memimpin operasi Jepang.

Disisi lain, perusahaan ekuitas swasta dilaporkan menawarkan kesepakatan lebih dari $20 miliar, meskipun ada laporan bahwa beberapa petinggi Toshiba melihat jumlah itu terlalu kecil.

Baca juga:Buntut Insiden Ponsel Vivo Terbakar, Garuda Indonesia Rilis Surat Larangan

Financial Times juga melaporkan bahwa reksa dana ekuitas swasta lainnya, KKR, berencana untuk menawarkan proposal pembeliannya sendiri yang lebih besar. Secara bersamaan, Bloomberg News melaporkan bahwa Manajemen Aset Brookfield Kanada, juga menjajaki kemungkinan penawaran.

Pekan lalu, Toshiba mengkonfirmasi telah menerima tawaran dari CVC Capital Partners yang akan menjadikan Toshiba pribadi.

CVC dan Toshiba memang memiliki hubungan yang erat. Kurumatani bekerja untuk dana tersebut antara tahun 2017 dan 2018, dan seorang eksekutif senior di CVC Jepang saat ini menjabat sebagai direktur luar di dewan direksi Toshiba.

Kedekatan itu dilaporkan telah memicu kekhawatiran. Kepala Penelitian Asia di United First Partners, Justin Tang, mengatakan bahwa mundurnya Kurumatani bakal menghilangkan ketidakpastian atas potensi konflik kepentingan.

“Ini juga akan memaksa dewan untuk mencari tawaran lain yang menjadi kepentingan terbaik pemegang saham,” kata Justin.

Baca juga:Pasca Mundur, Ini Daftar Ponsel LG Yang Bakal Terima Pembaruan Android 12 Dan 13

Gejolak di dalam Toshiba merupakan pukulan baru bagi perusahaan tersebut, yang telah berusaha meningkatkan tata kelola setelah skandal akuntansi pada 2015 dan kebangkrutan anak perusahaan nuklir AS pada 2017.

Usai restrukturisasi besar-besaran, pendapatannya kembali pulih dan kembali menjadi bagian pertama Bursa Efek Tokyo yang bergengsi, pada bulan Januari 2021.

Setiap tawaran pembelian kemungkinan akan menghadapi tantangan yang signifikan, termasuk mendapatkan pembiayaan dan persetujuan peraturan.

Minggu lalu, Toshiba juga memperingatkan bahwa bantuan pembiayaan yang diharapkan CVC akan dicari serta kemungkinan bakal melibatkan banyak waktu dan kerumitan yang cukup besar.

Tak lama setelah pasar dibuka di Tokyo, Saham Toshiba melonjak 4,46 persen menjadi 4.800 yen. Penawaran CVC dilaporkan sekitar 5.000 yen per saham, tetapi Tang mengatakan bahwa ia yakin harga di utara 6.000 yen dan akan membuat pemegang saham melewati batas.

Tonton juga video dibawah ini:

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *