Berita : Saran Pengamat untuk Kedua Paslon saat Hadapi Debat Capres Berikutnya

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Debat pertama capres-cawapres yang berlangsung pada Kamis (17/1) memang terkesan hambar dan datar. Kondisi itu menjadi pekerjaan rumah bagi kedua pasangan calon saat menghadapi debat berikutnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, jika dilihat dalam sesi saling tanya, paslon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin lebih tajam dibanding paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Dilihat dari pertanyaannya. Paslon 01 yang tajam bertanya ke Paslon 02. Misalnya terkait dengan banyaknya mantan napi kasus korupsi yang diajukan jadi caleg oleh Prabowo sebagai ketum Gerindra,” ujarnya saat dihubungi Wikimedan, Kamis (17/1).

Lebih jauh dikatakannya, pasangan petahana terlihat jauh lebih siap ketimbang lawannya. Bagaimana tidak, Jokowi-Ma’ruf menjalani latihan dan simulasi sebelumnya.

“Sedangkan pihak paslon 02 sebagaimana yang dikutip media tidak mempersiapkan diri secara khusus untuk debat perdana tersebut,” tutur dia.

Menurut Ujang, dalam menghadapi debat berikutnya, setiap pasangan calon harus mempersiapkan diri. Sebab semua orang akan tertuju kepada para calon. nya, persiapan tersebut hal yang penting apalagi untuk sebuah acara resmi. Meskipun, orang-orang itu merasa dirinya menguasai materi dan pembicara yang handal.

“Di manapun di dunia ini. Pembicara terbaik sekalipun harus mempersiapkan diri sebelum tampil di acara resmi. Mempersiapkan diri lebih baik daripada yang tidak ada persiapkan. Karena pasti hasilnya akan beda,” tegas Ujang.

Dia menyarankan, kedua paslon lebih mempersiapkan diri utuk menghadapi debat berikutnya. Setelah malam tadi, masih ada empat debat yang menunggu mereka. Tentunya, dengan tema yang berbeda-beda.

“Untuk debat-debat berikutnya. Kedua Paslon harus tampir sempurna dengan melakukan latihan2 dan persiapan terlebih dahulu. Agar penguasaan materi dan performance moncer,” tutupnya.

Debat pertama capres-cawapres malam ini, Kamis (17/1), dinilai hambar dan kaku. Kedua paslon terlihat belum maksimal dalam menyampaikan pendapat, gagasan, dan pertanyaan seputar hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.
Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : Yesika Dinta

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://jawapos.com/pemilihan/18/01/2019/saran-pengamat-untuk-kedua-paslon-saat-hadapi-debat-capres-berikutnya

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *