Berita : Hindari Penyakit, 3 Hal Ini Wajib Dicek Usai Liburan

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Liburan akhir tahun memang menyenangkan bersama keluarga. Namun selama liburan biasanya membuat seseorang lupa diri. Tidak membatasi kuliner yang disantap atau kelelahan karena terlalu bersemangat.

Maka bagi siapa saja yang baru kembali dari berlibur, hendaknya melakukan pengecekan kesehatannya. Tiga hal yang wajib dicek adalah gula darah, tekanan darah, dan kolesterol.

“Kalau lansia atau orang-orang berpenyakit degeneratif tentu mereka sudah tahu untuk membatasi diri. Mereka saat liburan juga pasti minum obat,” tegas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB yang juga Ahli Endoskopi Gastrointenstinal kepada Wikimedan baru-baru ini.

Ilustrasi cek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol usai liburan. (Alvita Care)

Namun tak hanya lansia atau seseorang dengan penyakit saja yang harus mengecek tiga hal itu. Siapa saja juga disarankan untuk memeriksakan diri.

Tekanan Darah

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung meompa darah ke seluruh tubuh. Agar kinerja tubuh maksimal, seseorang harus memiliki tekanan darah normal. Tekanan darah terlalu tinggi bisa memicu berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

“Kelelahan atau kebanyakan makan yang asin-asin selama liburqn tentu harus cek tekanan darah,” tegas dr. Ari.

Gula Darah

Memeriksa gula darah juga penting usai liburan. Memiliki kadar gula darah normal pada tubuh sangat penting karena bisa menunjang kinerja tubuh dan membuat seseorang tetap sehat.

“Selama liburan bagaimana pola makan minunnya? Tentu harus dicek juga gula darahnya,” katanya.

Kolesterol

Kolesterol seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Makanan berkolesterol tinggi seperti gorengan, berminyak, dan bersantan paling lezat disantap saat liburan.

“Kolesterol tinggi itu harus dihindari. Bisa dicek juga usai pulang liburan,” ungkapnya.

Editor      : Nurul Adriyana Salbiah Reporter : Marieska Harya Virdhani

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/lifestyle/06/01/2019/hindari-penyakit-3-hal-ini-wajib-dicek-usai-liburan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *