Berita : Disambangi Forkopimda Jatim, Jemaat Gereja Bethany: Waalaikumsalam

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menyambangi Gereja Bethany di Surabaya, Senin (24/12). Mereka bertandang ke gereja tersebut untuk memastikan umat Kristiani beribadah dengan tenang.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya Arif Rahman hadir sebelum misa Natal dimulai. Beberapa perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga hadir.

Saat mengucapkan salam Assalamualaikum, 30 ribu jemaat membalas salam tersebut. Puluhan ribu jemaat membalas dengan mengucap Waalaikumsalam.

Soekarwo mengatakan, balasan salam itu, cukup berkesan bagi para Forkopimda lain yang bergama Islam. Menurutnya, memang itulah Indonesia. Rasa saling menghargai antar umat menjadi sistem yang terbangun sejak awal kemerdekaan.

“Inilah sistem yang dibangun oleh founding fathers kita. Sistem yang saling menghargai antara mayoritas dan minoritas,” kata Soekarwo di Gereja Bethany, Senin (24/12).

Luki mengaku, terkesan dengan balasan salam itu. Dirinya yang pertama kali menyambangi gereja, merasa diterima dengan baik oleh 30 ribu jemaat gereja itu.

“Semua menjawab Waalaikumsalam. Saya sempat minta masukan dari NU dan Muhammadiyah. Kami juga kaget. Artinya, kami benar-benar diterima dan semoga kita semua dapat menjaga kebersamaan ini,” kata Luki.

Terkait pengamanan obyek vital, Luki menyatakan telah mengerahkan sejumlah personil untuk pengamanan di semua gereja. Termasuk, beberapa obyek wisata yang diprediksi akan ramai pengunjung.

“Kami bersama TNI telah menggelar pengamanan di gereja dan tempat wisata seluruh Jawa Timur. Sampai detik ini, semua laporan berjalan dengan aman dan kondusif,” katanya.

Arif mengatakan, anggotanya juga melakukan pengamanan di gereja, tempat wisata dan obyek vital lainnya. Tujuannya untuk menjamin kenyamanan unat Kristiani yang sedang merayakan Natal.

“Kami jajaran Kodam V/Brawijaya membantu sepenuhnya dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru,” kata Arif.

(HDR/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/24/12/2018/disambangi-forkopimda-jatim-jemaat-gereja-bethany-waalaikumsalam

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *