Calon Pengganti Sandiaga Siap-siap Ketemu Penguji Killer

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Perebutan kursi DKI 2 semakin memanas, meski calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta hanya berasal dari satu partai saja yakni PKS. Namun persaingan semakin sengit, calon harus megikuti fit and proper test terlebih dahulu.

Tak tanggung-tanggung para calon harus menghadapi empat penguji sekaligus. Satu diantaranya bahkan diambil dari profesional, yakni peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro.

Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif, telah memastikan pakar pengamat politik, Siti Zuhro akan menjadi salah satu penguji. Hal ini menjadi suatu kehormatan baginya karena Siti dikenal cermat dalam menguji calon.

“Sudah SK (surat keputusan), mekanisme kami belum berembuk, saya nggak bisa mendahului beliau,” tuturnya di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (19/11).

Walau sudah resmi, Syarif yang juga menjadi penguji terkait perpolitikan belum bertemu dengan Siti. Syarif menyatakan bahwa keahlian Siti tidak perlu dipertanyakan lagi.

“Belum ketemu ya, tapi by phone sudah. Menurut saya ukuran harus objektif kan dia ahli, malah ada yang bilang pansel yang paling killer Bu Siti. Makanya saya bilang nunggu dia kerangkanya.  Kalau saya kan muatannya banyak politik,” terangnya.

Siti Zuhro memang dikenal sebagai peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI. Isu-isu seputar desentralisasi, reformasi birokrasi, demokrasi lokal dan politik nasional menjadi sorotannya.

Syarif menyatakan akan ada tiga poin utama yang harus dicamkan para cawagub, untuk layak menggantikan Sandiaga Uno. Pertama harus acceptable, lalu memiliki kompetensi, dan terakhir dapat meneruskan visi dan misi dari Anies.

“Jadi orientasinya tetap harus full membantu Pak Anies, kalau nanti berbagi tugas silahkan dengan Pak Gubernur yang penting bisa membantu meneruskan visi misinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi menyatakan, anggota yang ditunjuk yakni Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dan dirinya sendiri. 

“Oh dari PKS sudah. Sementara yang ditunjuk 2 orang, Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi,” ungkapnya sambil tertawa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

(rgm/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *