Indonesia Sarat Konflik, Jusuf Kalla: Intinya Adalah Ketidakadilan

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan saat puncak resepsi Milad ke-106 Muhammadiyah di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/11). Dalam sambutannya, JK menyampaikan mengenai penyebab terjadinya konflik di sebuah negara, termasuk salah satunya di Indonesia.

Menurutnya, konflik tersebut disebabkan karena adanya ketidakadilan. “Intinya adalah ketidakadilan, baik itu konflik yang terjadi di Papua, Poso, Ambon, Aceh dan juga daerah lainnya. Semuanya karena ketidakadilan,” urai JK di depan para tamu undangan.

Maka dari itu, JK mengatakan, upaya untuk menciptakan rasa keadilan harus dilakukan. Baik itu keadilan di bidang ekonomi, bidang sosial, dan juga di bidang politik. Dengan adanya keadilan merata di berbagai bidang tersebut, JK yakin konflik akan bisa terhindarkan. “Kondisi ini tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lainnya,” imbuhnya.

JK tidak menampik bahwa Indonesia sarat dengan pengalaman konflik yang terjadi. Meski begitu, setiap konflik yang muncul bisa diselesaikan dan tidak menjadi konflik yang berlanjut. Berbeda hanya dengan banyak negara Islam di dunia. Dimana, banyak negara Islam yang mengalami konflik berkepanjangan dan sampai sekarang belum juga bisa terselesaikan. 

“Saya sampaikan rasa syukur, walaupun banyak konflik tapi bisa diselesaikan dengan baik. Saya sedih melihat negara Islam yang banyak konflik. 30 persen dari 50 negara Islam penuh dengan konflik,” katanya.

Adapun negara-negara islam yang penuh dengan konflik, imbuhnya yakni Irak, Syria, Pakistan, Afganistan dan juga negara Islam yang lain.

(apl/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *