4 Kiat Jitu Merawat Gigi Agar Tetap Putih Setelah Whitening

Pasang Iklan Disini

Meski dilakukan di dokter tetapi prosedur memutihkan gigi tidak memberikan hasil yang permanen. Rata-rata prosedur ini hanya bertahan dalam hitungan bulan hingga maksimal sekitar tiga tahun. Biasanya lamanya waktu ini bervariasi pada tiap orang. Hal ini didasarkan pada kebiasaan harian yang dilakukan. Yuk, sontek cara merawat gigi agar putih setelah prosedur whitening, yuk lakukan berbagai hal berikut ini.

Cara merawat gigi agar putih setelah prosedur whitening

Anda tentu ingin uang yang telah dikeluarkan untuk memutihkan gigi tidak sia-sia. Agar hasilnya dapat bertahan lebih lama, Anda bisa mempraktikkan beberapa tips berikut, seperti:

1. Hindari makanan dan minuman yang menodai gigi

minum kopi setelah olahraga

Prosedur memutihkan gigi yang dilakukan akan sangat percuma jika Anda tidak membatasi konsumsi produk yang bisa menodai gigi. Dikutip dari WebMD, kopi, teh, saus tomat, kola, jus anggur, dan juga red wine merupakan makanan dan minuman yang dapat menodai gigi Anda.

Untuk itu, usahakan untuk membatasi bahkan menghindarinya. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsinya. Untuk mengonsumsi berbagai minuman tersebut gunakanlah sedotan.

Tujuannya agar cairan tersebut langsung masuk ke dalam mulut tanpa mengenai gigi depan Anda. Selain menggunakan sedotan, Anda juga bisa segera berkumur dan menyikat gigi agar noda tidak menempel di gigi terlalu lama.

2. Selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut

Psstt... Jarang Sikat Gigi Bisa Bikin Anda Susah Hamil!

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah hal wajib yang Anda lakukan baik setelah melakukan prosedur memutihkan gigi atau dalam keseharian. Sikatlah gigi Anda setidaknya dua kali sehari di pagi hari setelah makan dan di malam hari sebelum tidur.

Anda juga bisa menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih satu atau dua kali seminggu. Tujuannnya agar gigi tak hanya bersih tetapi juga untuk menghilangkan noda di permukaan dan mencegahnya berubah warna.

Selain menyikat gigi, usahakan untuk melakukan flossing. Flossing adalah membersihkan sela-sela gigi dengan bantuan benang. Gunanya untuk mengangkat plak dan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dan tidak bisa terangkat hanya dengan menyikatnya.

3. Berhenti merokok

pakai behel. merokok

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok bisa membuat gigi berubah warna. Jika setelah melakukan prosedur memutihkan gigi Anda masih saja merokok maka jangan heran jika gigi berubah warna menjadi kuning. Apalagi jika Anda terus mempertahankan kebiasaan ini gigi bukan lagi berwarna kuning tetapi muncul bercak cokelat di permukaannya.

Untuk merawat gigi agar tetap putih dan bersih, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga. Pasalnya, merokok tak hanya mengubah warna gigi tetapi juga berefek buruk pada mulut dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Rutin mengunjungi dokter gigi

periksa gigi rutin

Cara merawat gigi agar putih setelah melakukan whitening, Anda tentu tetap harus konsultasi dan mengunjungi dokter gigi dengan rutin. Dokter biasanya akan membantu mengecek kondisi gigi Anda. Dari mulai memeriksa rongga dan pembusukan, karang gigi, dan plak yang bisa membuat gigi berubah warna.

Dokter juga akan mengecek apakah Anda perlu melakukan pemutihan berkala. Dalam pemeriksaan ini, sebaiknya Anda juga menanyakan apa yang seharusnya dikonsumsi maupun tidak untuk merawat gigi agar tetap putih.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *