Timnas Indonesia 3-1 Timor Leste, 'Comeback' Sempurna Tim Garuda

Pasang Iklan Disini

Berita Timnas Indonesia: Sempat tertinggal terlebih dahulu, timnas Indonesia akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 3-1 atas Timor Leste pada pertandingan kedua babak penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (13/11) malam.

Tiga poin pertama itu menempatkan Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan duduk di peringkat dua klasemen sementara grup B dengan koleksi tiga poin dari dua pertandingan. Timnas Indonesia hanya kalah selisih gol dari Thailand yang menghuni posisi puncak.

Tampil di depan publik sendiri, Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti melakukan cukup banyak perubahan terhadap starting eleven timnya. Sebanyak lima pemain yang di laga perdana kontra Singapura tidak turun dari menit pertama dipasang Bima Sakti sebagai starter.

Lima pemain itu adalah Alfath Fathier di posisi wing back kiri, Gavin Kwan Adsit wing back kanan, Hargianto sebagai gelandang bertahan, Andik Vermansyah sayap kanan, dan Septian David Maulana sebagai gelandang serang.

Di awal-awal pertandingan, skuat Garuda tampil lebih dominan dalam menguasai bola. Namun demikian, kurang matangnya pola permainan membuat Alberto Goncalves yang dipasang sebagai penyerang tunggal cukup kesulitan mendapatkan peluang di depan gawang lawan.

Satu-satunya peluang emas yang timnas Indonesia pada paruh pertama adalah melalui sundulan Evan Dimas. Sayang, kiper lawan masih cukup sigap mengamankan gawangnya, skor 0-0 menutup paruh pertama.

Memasuki babak kedua, permainan timnas Indonesia tidak mengalami terlalu banyak perubahan. Alhasil, sebuah serangan balik Timor Leste mampu mengoyak gawang Andritany Ardhiyasa pada menit ke-48, adalah tendangan jarak jauh Rufino Gama yang kemudian membawa tim tamu unggul 1-0.

Tertinggal terlebih dahulu, skuat timans Indonesia terlihat panik. Menyikapi hal itu, Bima Sakti coba melakukan pergantian dengan memasukkan Riko Simanjuntak. Hasilnya, serangan skuat Garuda lebih tajam.

Meski lebih banyak menyerang, pola permainan yang seperti tidak tersusun dengan baik membuat timnas Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Timor Leste. Barulah pada menit ke-60, Alfath Fathier berhasil memecah kebuntuan, setelah tendangan kaki kanannya dari sisi kiri mengoyak gawang tim tamu, skor berubah imbang 1-1.

Mampu menyamakan kedudukan membuat permainan timnas Indonesia lebih baik. Hasilnya, Stefano Lilipaly mampu membawa timnas Indonesia berbalik unggul menjadi 2-1 sembilan menit kemudian. Gelandang naturalisasi yang masuk sebagai pemain pengganti itu mencetak gol melalui titik putih. Hadiah penalti sendiri diberikan wasit, setelah Andik Vermansyah dijatuhkan di dalam kotak penalti.

Di sisa pertandingan, timnas Indonesia bermain lebih lepas dan gol ketiga akhirnya lahir melalui sundulan Alberto Goncalves memaksimalkan umpan crossing Riko Simanjuntak. Sampai pertandingan berakhir, skor 3-1 untuk timnas Indonesia tidak berubah.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Bima Sakti, AFF 2018, timor leste


Kategori : Berita Olahraga

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *