Pakar: Cegah Kanker dengan 5 Kebiasaan Sederhana

Pasang Iklan Disini

[ad_1]








Wikimedan – Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober adalah momentum untuk mencegah penyakit kanker payudara. Mencegahnya, sebenarnya cukup dengan pola hidup sehat yang bisa dilakukan setiap hari.







Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Agung Waluyo, kepada Wikimedan baru-baru ini, berbagi cara sehat bagi masyarakat agar terhindar dari kanker. Pria yang fokus di bidang Keperawatan Medikal Bedah ini mengungkapkan cara mencegah kanker dimulai dari hal paling sederhana.







1. Pilih Makan Siang Sehat







Memilih makanan sehat untuk makan siang, tak ada salahnya membawa bekal masakan sendiri. Pilihan ini jauh lebih sehat daripada membeli makanan di kantin. Batasi makanan bersantan dan berlemak.







2. Pakai Masker







Kebiasaan menggunakan transportasi online saat ini sedang menjadi tren. Penggunaan masker penting untuk menghindari polusi. Polusi dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker paru.








3. Tumis Lebih Baik








Memasak daging jauh lebih sehat ditumis (stir fry). Cara sehat lain dengan merebus daging dengan dibentuk bola daging seperti bakso.







4. Penggunaan Minyak Goreng







Minyak goreng harus sekali pakai atau sekali masak. Penggunaan minyak goreng berulang dapat memicu kanker.







Ibu rumah tangga wajib memperhatikan kesehatan keluarganya dengan menggunakan minyak goreng sekali pakai. Jangan sampai demi faktor ekonomis, tetapi mengorbankan kesehatan keluarga.







5. Makanan Rendah Lemak Tak Jenuh







Jika terpaksa membeli, pilih makanan yang tidak terlalu banyak dimasak. Misalnya masakan Padang yang mengandung banyak lemak tak jenuh tidak sehat disantap setiap hari.







Masakan Padang semakin sering direbus, diangetin, semakin gurih yang lezat itu justru mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Contohnya menu rendang begitu lezat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Rendang juga mampu bertahan hingga beberapa pekan berpotensi tumbuhnya bakteri.







(ika/JPC)




[ad_2]

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *